Polsek Dusel Gencar Sosialisasikan Bahaya Karhutla

DEDDY/BERITA SAMPIT - Personel Polsek Dusel saat menyosialisasikan larangan Karhutla kepada masyarakat.

BUNTOK – Untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terlebih memasuki musim kemarau, Polsek Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) gencar melaksanakan patroli rutin sekaligus menyosialisasikan akan bahaya Karhutla kepada masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan oleh personel Polsek Dusel Iptu Emon Suherman saat berpatroli dengan berbekal maklumat Kapolda Kalteng dan spanduk menyosialisasikan kepada masyarakat di Kelurahan Hilir Sper.

Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, S.I.K., M.I.K. melalui Kapolsek Dusel Ipda H. Tonie, Jumat 13 Januari 2023 mengatakan, wilayah Dusel merupakan kecamatan yang masyarakatnya berladang dan memiliki lahan dan hutan yang cukup luas.

BACA JUGA:   Sepanjang 2022 Angka Kriminalitas di Barsel Meningkat, Laka Lantas Menurun

Oleh karena itu dalam setiap tahun terlebih memasuki musim kemarau upaya yang dilaksanakan Polsek Dusel dalam upaya pencegahan terjadinya Karhutla.

“Berbagai cara pun terus dilakukan, salah satunya dengan pemasangan-pemasangan spanduk imbauan termasuk juga menyosilaisasikan langsung kepada masyarakat akan bahaya karhutla,” katanya.

Menurutnya, tidak bisa kalau hanya dilakukan penindakan namun harus ada pencegahan, salah satunya dengan memberikan imbauan serta menyosialisasikannya kepada masyarakat.

BACA JUGA:   UMK Barsel Tahun 2023 Naik 8,73 Persen

“Yang jelas, dampak dari karhutla tersebut sangatlah berbahaya termasuk untuk kesehatan maka wajib kita berikan himbauan dan mensosialisasikan larangan karhutla tersebut kepada masyarakat,” jelas Tonie.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya hadir di tengah-tengah masyarakat secara humanis untuk terus menyosialisasikan larangan Karhutla demi meminimalisir munculnya kabut asap akibat Karhutla. (Ded).

(Visited 7 times, 1 visits today)