Keberadaan Karang Taruna Diharapkan Memiliki Dampak Positif Terhadap Kehidupan Masyarakat

ANNAS/BERITASAMPIT - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Katingan masa bakti 2022-2026 saat dilantik Bupati Katingan Sakariyas, di aula BKAD Katingan.

KASONGAN – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Katingan Masa Bakti 2022-2026 resmi dilantik Bupati Katingan Sakariyas, di aula BKAD Kabupaten Katingan, pada Jumat 13 Januari 2023.

Organisasi kepemudaan tersebut di Ketua oleh Yudea Pratidina, Sekretaris Suria Melky dan Bendahara Rupensiana serta sebanyak kurang lebih 57 anggota dari berbagai bidang. Turut hadir sejumlah anggota DPRD Katingan, Kepala Dinas Sosial Katingan, Kareteker Karang Taruna Provinsi Kalteng, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan serta tamu undangan yang hadir.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Karang Taruna ini dilaksanakan berdasarkan keputusan Bupati Katingan nomor 460/226 tahun 2022 tentang pembentukan kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Katingan masa bakti tahun 2022-2026.

BACA JUGA:   Bupati Katingan: Terbentuknya TP2DD Sebagai Langkah Awal¬†Pengembangan Digitalisasi Pembayaran

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan sebagai organisasi kepemudaan Indonesia yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan warga karang taruna, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab, dari, oleh, dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda atau komunitas sosial sederajat. Sehingga kehadiran karang taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat, terutama pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.

BACA JUGA:   Sekda Katingan Ingin Perencanaan Pembangunan Fokus Pada Program Berdampak Langsung Bagi Masyarakat

“Memperhatikan tugas dan tanggung jawab tersebut, maka diharapkan Karang Taruna mampu mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta penguatan integritas dan moral anak bangsa. Oleh karena itu, keberadaan karang taruna benar-benar harus memiliki dampak positif dan bisa dirasakan di tengah kehidupan masyarakat,” tegas Sakariyas.

Sebab, menurutnya keberadaan Karang Taruna merupakan mitra pemerintah, sebagai kontrol sosial. Tentunya, perlu menjadi mata dan telinga bagi pemerintah. Terlebih di Kabupaten Katingan, banyak potensi yang bisa dikembangkan.

(annas)

(Visited 8 times, 1 visits today)