Leg Pertama Final Piala AFF 2022: Thailand imbangi Vietnam 2-2

Gelandang tim nasional Thailand Sarach Yooyen (tengah) berebut bola dengan pemain Vietnam pada laga leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, yang berakhir imbang 2-2, Jumat (13/1/2023). (ANTARA/HO-AFF)

JAKARTA – Tim nasional Thailand mengimbangi tuan rumah Vietnam dengan skor 2-2 pada laga leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Jumat 13 Januari 2023, seperti diunggah di laman resmi turnamen.

Gol dari Poramet Arjvirai dan Sarah Yooyen membuat Thailand tinggal membutuhkan minimal hasil seri, tetapi dengan skor tidak lebih dari 1-1, di leg kedua untuk mempertahankan gelar juara Piala AFF yang sebelumnya mereka raih pada edisi 2020.

Sementara Vietnam, yang melesakkan gol ke gawang Thailand melalui Nguyen Tien Linh dan Vu Van Thanh, wajib menang atau menahan imbang Thailand dengan skor minimal 3-3 pada leg kedua untuk menjadi kampiun Piala AFF 2022.

BACA JUGA:   Chelsea Raih Menang 2-0 atas Bournemouth

Dalam pertandingan tersebut, Vietnam yang kembali menurunkan duet penyerang Nguyen Tien Linh dan Pham Tuan Hai, seperti saat menyingkirkan Indonesia di leg kedua semifinal, membuka keunggulan pada menit ke-24. Nguyen Tien Linh mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan silang Que Ngoc Hai.

Itu merupakan gol keenam Tien Linh sepanjang Piala AFF 2022 yang membuat dirinya untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak turnamen bersama “striker” Thailand Teerasil Dangda.

Usai jeda, Thailand langsung tancap gas. Tiga menit setelah babak kedua bergulir, skuad yang dibesut Alexandre Polking menyamakan kedudukan melalui sepakan Poramet Arjvirai. Setelah menerima umpan terobosan dari Theerathon Bunmathan, Poramet mengelabui lawan sebelum menyepak keras bola ke dalam gawang Vietnam.

BACA JUGA:   Manchester City Kalah 0-1 dari Tottenham Hotspur

Thailand bahkan mampu unggul 2-1 pada menit ke-63 berkat sumbangan gol gelandang Sarach Yooyen. Theerathon lagi-lagi menjadi pengirim “assist” dengan operan yang membelah pertahanan Vietnam.

Tertinggal, pelatih Vietnam Park Hang-seo kemudian memasukkan beberapa pemain dari bangku cadangan. Kebijakan itu berbuah manis karena salah satu dari pemain yang baru menginjakkan kaki di lapangan, Vu Van Thanh, sukses memaksakan hasil imbang 2-2 dengan golnya pada menit ke-88.

Laga leg kedua final Piala AFF 2022 akan berlangsung di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand, mulai pukul 19.30 WIB.

(ANTARA)

(Visited 6 times, 1 visits today)