Parit Surut, Warga Ramai-Ramai Tangkap Ikan

IST/BERITA SAMPIT - Warga di Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur mencari ikan di anak sungai yang kondisinya surut. 

SAMPIT – Memasuki musim kemarau beberapa pekan terakhir ini membuat sejumlah parit surut, kondisi itu membawa berkah bagi sejumlah kalangan masyarakat.

Seperti halnya di wilayah Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, warga setempat ramai-ramai menyerbu anak sungai atau parit di sekitar kebun sawit perusahaan.

Pasalnya saat kondisi demikian ikan yang ada di areal tersebut lebih muda ditangkap meski menggunakan peralatan seadanya.

BACA JUGA:   Kasus Penyiraman Sales Segera Masuk Gelar Perkara

“Sudah beberapa hari ini warga ramai cari ikan di parit sekitar kebun sawit, lumayan hasilnya sekali berangkat bisa dapat berkilo-kilogram,” kata Maideli warga Desa Bukit Raya, Kecamatan Cempaga, Sabtu 14 Januari 2023.

Menurut Maideli, ada banyak jenis ikan yang didapat dari hasil kegiatan masyarakat tersebut, ada yang menangkap ikan dengan menggunakan peralatan tradisional hingga peralatan seadanya.

BACA JUGA:   Sudah Enam Bulan Stok Daging Beku di Bulog Sampit Kosong

“Udang ada juga, serta beberapa ikan air sungai, bahkan ada warga yang dapat tangkapan ikan sampai seember besar sehari,” ucapnya.

Menurut Maideli di lokasi anak sungai tersebut memang banyak ikan selama ini, namun biasanya warga menangkapnya dengan cara memancing.

“Karena sungai mulai mengering, jadi banyak ikannya,” pungkasnya.

(naco)

(Visited 27 times, 1 visits today)