Petani di Gunung Mas Diminta Kembangkan Tanaman Jagung Hibrida

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing saat mengikuti panen raya jagung hibrida di kebun kelompok Tani Manda Hatampung, Kelurahan Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu.

KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing mengharapkan petani di wilayah setempat dapat meningkatkan lagi minat usaha tani jagung Hibrida.

Dikatakan, memasuki tahun kelima pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Gunung Mas, salah satu komoditas yang dikembangkan pada tahun 2022 adalah jagung hibrida.

“Bantuan yang diberikan berupa sarana produksi, benih jagung hibrida dengan varietas pertiwi enam, pupuk, obat-obatan dar herbisida, Ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi dan produktivitas guna peningkatan kesejahteraan petani diharapkan bisa memberikan semangat menumbuhkan minat dalam usaha tani jagung hibrida,” ungkap Efrensia L.P Umbing, saat mengikuti panen raya jagung hibrida di kebun kelompok Tani Manda Hatampung, Kelurahan Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu, Jumat 13 Januari 2023.

BACA JUGA:   Pemuda di Gunung Mas Diminta Turut Manfaatkan Lahan Pertanian

Lebih lanjut dijelaskannya, penguatan kelembagaan kelompok tani dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pertemuan atau musyawarah petani dengan dihadiri oleh tokoh masyarakat, pamong desa, penyuluh pertanian, dan instansi terkait.

“Sehingga usaha tani yang terbentuk makin terikat oleh kepentingan dan tujuan bersama dalam meningkatkan penguatan kelembagaan dan komitmen pembangunan yang ada di Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, telah melakukan berbagai upaya peningkatan penerapan teknologi pertanian untuk dapat menggunakan alsintan pupuk yang berkualitas, menggunakan bibit unggul yang memiliki produktivitas yang tinggi.

BACA JUGA:   Wujudkan Lingkungan Bebas Narkoba, Masyarakat Dukung Polres Gumas Berantas Peredaran Narkotika

“Untuk itu, dibutuhkan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi sehingga setiap proses yang dilakukan dapat berjalan efektif dan optimal,” sebutnya.

Dalam peningkatan pemasaran hasil pertanian menjadi salah satu elemen yang sangat penting untuk menunjang suatu keberhasilan dalam menjalankan usaha tani, dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik.

“Maka usaha tani akan dapat menghasilkan pemasukan atau pendapatan sesuai dengan keinginan petani,” tutupnya. (Ale)

(Visited 6 times, 1 visits today)