Guru Berkualitas Kunci Peningkatan Kapasitas SDM

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing Keberadaan guru berkualitas merupakan salah satu kunci untuk memaksimalkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di Kalteng

Untuk itu ia mendorong agar ada upaya peningkatan kualitas guru yang dilakukan pemda di provinsi ini melalui berbagai program pelatihan. Sebab, dengan guru yang berkualitas tentu juga akan menghasilkan SDM yang berkualitas pula melalui satuan pendidikan.

“Bukan berarti guru-guru yang tersebar di wilayah Kalteng ini tidak memiliki kualitas, tapi kemampuan mereka itu perlu lebih ditingkatkan lagi agar bisa semakin berkualitas untuk menciptakan SDM yang handal melalui sektor pendidikan,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Minta Masyarakat Optimis Kembangkan Buah Lokal

Ia menambahkan, dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM melalui sektor pendidikan guru tidak hanya sebatas mengajar dengan metode yang biasa-biasa saja, tapi harus mampu mengimplementasikan bagaimana ilmu yang diberikan bisa diserap oleh peserta didiknya.

Ia menjelaskan, dengan berbagai karakter peserta didik disatuan pendidikan ada yang mudah menyerap pelajaran dan yang tidak tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. Oleh karenanya apabila guru memiliki kualitas dalam mendidik maka tantangan itu akan mudah diatasi.

BACA JUGA:   Tujuh Fraksi DPRD Kalteng Nyatakan Setuju Ditetapkan Peraturan Daerah tentang Cagar Budaya

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa kualitas dari seorang guru itu penting untuk menghasilkan SDM yang mampu bersaing, karena mereka ini merupakan generasi penerus kedepan. Apabila kita memiliki banyak SDM yang memiliki kapasitas mumpuni maka daerah ini akan semakin cepat maju,” pungkasnya. (Hardi)

(Visited 8 times, 1 visits today)