Bupati Lamandau Harap Penyerapan Anggaran Bisa Lebih Cepat dan Menggerakkan Perekonomian

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mulai menandatangani kontrak pengadaan barang dan jasa (kick off) program pembangunan tahun 2023. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara serentak di 14 kabupaten dan kota di Kalteng secara daring.

”Ada 18 OPD yang melakukan tandatangan kontrak, dengan total nilai Rp2,7 miliar,” ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Senin 16 Januari 2023.

Dia berharap, melalui kick off yang digelar di Aula Kantor Bappedalitbang Kabupaten Lamandau tersebut, penyerapan anggaran bisa lebih cepat dan bisa menggerakkan perekonomian di kabupaten berjuluk Bahaum Bakuba itu.

BACA JUGA:   Kasus Penggelapan SHU Koperasi Sungai Buluh Diserahkan ke Kejaksaan

Menurut Hendra, pengadaan barang atau jasa memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung kemajuan suatu wilayah.

”Hampir sebagian besar belanja pemerintah yang dialokasikan dalam APBD dilaksanakan melalui proses pengadaan barang atau jasa, seperti belanja barang, belanja modal, sebagian belanja bantuan sosial dan belanja hibah,” katanya.

Hendra juga berharap, percepatan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di tahun 2023 ini mampu menjadi trigger untuk memacu perputaran uang yang ada di wilayah setempat, sehingga berdampak dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamandau.

BACA JUGA:   Kapolres Lamandau Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 21 Personel

Ditambahkan Hendra, bahwa pihaknya meminta semua OPD agar segera menayangkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) tahun 2023, dan memanfaatkan katalog lokal dalam proses transaksi pada etalase yang sudah tersedia dan mengutamakan produk dalam negeri pada proses pengadaan barang dan jasa.

”Percepat proses pengadaan barang dan jasa, awasi pelaksanaan pekerjaan tersebut dan pastikan pekerjaan telah dilaksanakan sesuai kontrak yang telah ditandatangani,” tandasnya. (Andre).

(Visited 3 times, 1 visits today)