Dishub Akan Tindak Tegas Truk Angkutan Berat yang Kedapatan Masuk Kota

ILHAM/BERITA SAMPIT - Penertipa truk CPO yang melintas masuk kota dijalan Tjilik Riwut Sampit, belum lama ini.

SAMPIT – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kembali mengingatkan kepada seluruh pengusaha transportir yang menggunakan kendaraan angkutan berat agar tidak melintas dijalur dalam kota. Jika masih ditemukan akan langsung ditindak tegas.

“Kami mengingatkan kembali kepada pengusaha transportir untuk melakukan pengalihan kendaraan mereka menuju bagendang tetap lewat lingkar selatan dan utara, tidak boleh melintas dijalan kota,” tegas Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dishub Kotim Rino Mulya, saat dikonformasi media ini, Senin 16 Januari 2023.

Untuk mencegah pengemudi angkutan berat yang tetap nekat melintas dijalur kota, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan menempatkan petugas Dishub pada sejumlah titik alternatif yang kerap menjadi jalan pintas truk-truk besar tersebut.

BACA JUGA:   Siswa-Siswi MTSN 1 Kotim Ikuti Sosialisasi SNPBD MAN Insan Cendikia

“Kita akan melakukan penjagaan di jalan Pelita Barat, Kapten Mulyono, Pramuka, dimana dititk yang sering dilintasi baik dari jalur Kota Besi dan Pangkalan Bun,” kata Rino

“Kalau mereka nekat masuk kota, kami akan mengambil tindakan guna memberikan efek jera seperti mengambil STNK mereka dan diberi peringatan bermaterai serta menandatangani surat pernyataan agar mereka tidak mengulangi lagi,” lanjutnya.

Rino menambahkan, kondisi jalan lingkar selatan maupun utara sangat baik dan tidak ada kerusakan, sehingga tidak ada alasan lagi bagi kendaraan angkutan berat untuk tidak melintas dijalur tersebut.

BACA JUGA:   Hampir Semua Sekolah di Kotim Menerapkan Kurikulum Merdeka

“Sudah ada edaran surat Bupati dan Kepala Dishub untuk mereka jisa melintas dijalur yang disiapkan pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan surat sosialisasi pengalihan rute jalan Kepala Dishub Kotim, untuk jenis kendaraan yang tidak boleh melintas dijalur dalam kota diantaranya kendaraan angkutan kontainer, peti kemas, angkutan CPO, kernel, TBS, dan kendaraan angkutan ekspedisi dengan menggunakan jenis Fuso serta mengangkut alat berat. (ilm)

(Visited 7 times, 1 visits today)