PMI Kalteng Harus Perkuat Peran Strategis Agar Mampu Hadapi Tantangan Tugas Kemanusiaan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalteng masa bakti 2022-2027.

PALANGKA RAYA – Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Wakil Gubernur, Edy Pratowo mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalteng masa bakti tahun 2022-2027.

Edy Pratowo menyampaikan, bahwa pelantikan ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat peran strategis PMI Kalteng, agar mampu menghadapi tantangan tugas kemanusiaan ke depan yang makin beragam.

“Saya berharap kepengurusan masa bakti 2022-2027 akan semakin memajukan PMI Provinsi Kalimantan Tengah, dan mampu meningkatkan kinerja yang sudah baik selama ini,” harapnya saat menghadiri pelantikan PMI Kalteng tersebut, di Swiss-bel Hotel Danum Palangka Raya, Senin 16 Januari 2023.

“Kembangkan inovasi dari sistem yang sudah ada, lakukan penyempurnaan jika diperlukan, dan tetap semangat mengabdi kepada masyarakat atas dasar kemanusiaan,” sambung Wagub.

Menurut Edy, PMI merupakan garda terdepan dalam memberikan bantuan dan layanan kemanusiaan bagi masyarakat saat terjadi kecelakaan atau bencana.

BACA JUGA:   Dampak Abrasi Sungai Kahayan, Puluhan Jiwa di Palangka Raya Diungsikan

Sementara itu Dia menuturkan, meski PPKM telah dicabut tapi pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir dan potensi kebencanaan lain yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Untuk menghadapi situasi yang tidak menentu tersebut diperlukan kesiapsiagaan optimal, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota dan bahkan sampai kecamatan, serta strategi yang proaktif di segala kondisi.

“Secara khusus, saya juga mengimbau seluruh jajaran PMI Provinsi Kalimantan Tengah untuk mempelopori aksi kemanusiaan donor darah agar menjadi gaya hidup di tengah-tengah masyarakat,” lugasnya.

Lebih lanjut kata Wagub, seperti diketahui bersama PMI memiliki peran yang vital dan strategis dalam membantu Pemerintah menangani bidang sosial, kemanusiaan, penanggulangan bencana alam/non alam, sehingga masyarakat terlayani dengan baik.

PMI sebagai organisasi kemanusiaan harus selalu siap sedia dan berbenah diri untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Inovasi dan gagasan baru harus dilakukan, agar PMI semakin dekat dengan semua kalangan masyarakat.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Hari Bakti PU

“Menjadi harapan kita bersama, ide dan terobosan baru dimaksud dapat tercermin dalam program-program kerja PMI Provinsi Kalimantan Tengah ke depan, untuk selalu siap siaga menghadapi segala tantangan yang ada,” ujarnya.

Agar pelaksanaan misi kemanusiaan berjalan optimal, diperlukan upaya terpadu dan terkoordinasi dengan para pemangku kepentingan atau stakeholder, seperti Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial secara berjenjang, serta Perangkat Daerah terkait lainnya.

Kata Dia, PMI Provinsi Kalteng dalam agenda kerjanya hendaknya juga dapat mendukung upaya pencegahan terjadinya bencana sosial, akibat adanya isu-isu menyesatkan di tengah-tengah masyarakat. PMI harus mengambil bagian untuk meminimalisasi potensi terjadinya konflik sosial yang dapat mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah. (Hardi).

(Visited 13 times, 1 visits today)