BGA Group Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla Hingga Simulasi Antisipasi Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Seluruh tamu undangan dari unsur Muspika beserta Manajemen BGA Group Regional Mentaya melaksanakan sesi foto bersama usai kegiatan.

SAMPIT – BGA Group Regional Mentaya, yang terdiri dari wilayah Kecamatan Telaga Antang, Tualan Hulu dan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan kegiatan apel kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan simulasi antisipasi Karhutla, Selasa 17 Januari 2023.

Adapun perusahaan BGA Group Regional Mentaya yang terlibat yakni PT. Karya Makmur Bahagia, PT. Tanah Tani Lestari dan PT. Langgeng Makmur Sejahtera. Selain group perusahaan BGA Region Mentaya, kegiatan ini turut dihadiri tamu undangan dari unsur Muspika Kecamatan Telaga Antang, Tualan Hulu dan Antang Kalang, Danramil Telaga Antang, perwakilan Kapolsek Antang Kalang dan masing-masing Kepala Desa sekitar perusahaan.

Sulaiman selalu Head Of Adm Region Mentaya mewakili managemen BGA menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk menggalang kerjasama antara perusahaan, pihak pemerintah dan aparat keamanan setempat untuk bersama-sama melakukan antisipasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla di sekitar perusahaan.

BACA JUGA:   DLH Kotim Imbau Perusahaan dan Masyarakat Turut Berperan Cegah Karhutla

Ia juga menjelaskan bahwa BGA group Regional Mentaya telah membentuk tim tanggap darurat pemadam kebakaran, baik di tingkat region, tingkat wilayah maupun tingkat estate dan seluruhnya telah dilengkapi dengan peralatan mesin dan kendaraan pemadam kebakaran.

“Kami selaku pihak perusahaan siap memberikan bantuan pemadaman kebakaran apabila dibutuhkan,” singkat Sulaiman.

Sementara itu, Camat Antang Kalang Sony menyampaikan pihaknya sangat menyambut baik acara kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut, tentunya dalam implementasi segala bentuk tindakan pencegahan Karhutla pihak kecamatan akan turut serta melakukan sosialisasi larangan pembukaan lahan dengan cara membakar kepada seluruh masyarakat di sekitar kecamatan.

BACA JUGA:   Kasus Narkoba, Asusila dan Pencabulan Tertinggi di Kotim Tahun 2022

Terpisah Bhabinkamtibmas Tumbang Kalang Aipda Sirwo Edi juga menambahkan dari segi aparat keamanan tentunya mereka akan bekerjasama dengan pihak perusahaan melakukan tindakan pencegahan Karhutla dan siap melakukan pengamanan apabila dibutuhkan.

”Dan kami akan melakukan penegakan hukum bagi yang siapa saja yang melakukan pelanggaran membakar hutan dan lahan secara sengaja,” tegasnya.

Dalam rangkaian kegiatan apel kesiapsiagaan itu juga dilakukan demo pengenalan peralatan sarpras damkar perusahaan yang disampaikan oleh komandan regu pemadam kebakaran PT. Karya Makmur Bahagia.

Usai penjelasan soal sarpras acara dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pemadaman kebakaran yang dilaksanakan oleh tim pemadam kebakaran gabungan dari
PT. Karya Makmur Bahagia, PT. Tanah Tani Lestari dan PT. Langgeng Makmur Sejahtera. (Baim).

(Visited 42 times, 1 visits today)