Sejarah SMK Negeri 1 Sampit Berdiri Sejak 1964

NARDI/BERITA SAMPIT- Siswa-siswi SMK Negeri 1 Sampit saat baris-berbaris di halaman sekolah.

SAMPIT – SMK Negeri 1 Sampit berdiri tahun 1964, masih berstatus swasta dengan nama Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Bukit Raya dengan Kepala Sekolah yaitu Sunarliadi.

“Jumlah siswa sebanyak 66 orang yang dibagi menjadi dua jurusan Yaitu Tata Buku (TB) dan Jurusan Kopersi yang berlokasi di Jalam Bukit Raya, saat ini bernama Jalan A Yani yang lokasinya sekarang menjadi Kantor Perpustakaan Daerah,” kata Kepala SMK Negeri 1 Sampit Lismayani pada Selasa 17 Januari 2023.

Lisma menuturkan kemudian SMEA Bukit Raya berganti status Negeri pada tanggal 1 Januari 1968 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nama Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri 1 Sampit dengan tiga jurusan yaitu Tata Buku (TB), Tata Niaga (TN) dan Tata Usaha.

BACA JUGA:   PKBM Harati Sampit Buka Pendaftaran Sekolah Paket ABC

Tahun 1985 SMEA Negeri 1 Sampit berpindah lokasi ke Jalan Gunung Kerinci Nomor 2 Sampit hingga sekarang dengan beberapa jurusan yaitu Tata Buku (Akuntansi) Perdagangan (Mj Pemasaran ) Administrasi Perkantoran (Tata Usaha) dan Jurusan Koperasi.

Tahun 1996 ada ketentuan dari pemerintah bahwa Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) berubah namanya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sampit kelompok Bisnis dan Manajemen ( BISMEN) dengan beberapa jurusan : Keuangan (Akuntansi ) Perdagangan , Perkantoran (Sekretaris) dan Jurusan Koperasi. Namun jurusan Koperasi tutup pada tahun 2000/2001

Tahun 2004/ 2005 SMK Negeri 1 Sampit menambah satu bidang Keahlian yaitu Teknologi informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.

Sehingga SMK Negeri 1 Sampit mempunyai dua Bidang Keahlian dan empat program keahlian yaitu Keuangan (Akuntansi) Manajemen Bisnis ( Penjualan ) Adminitrasi Perkantoran (Sekretaris) Teknik Komputer dan Informatika dengan paket keahlian Multi Media (MM).

BACA JUGA:   Disperdagin Kotim Salurkan Beras Murah di Pasar Penyeimbang

Tahun 2009/2010 Program Keahlian Tehnik Komputer dan Informatika menambah 1 (satu) paket keahlian lagi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL)

Sehingga SMK Negeri 1 Sampit pada tahun 2009/2010 memiliki lima Kompetensi Keahlian yaitu Keuangan (Akuntansi) Tata Niaga (Pemasaran) Administrasi Perkantoran (AP) Multi Media (MM) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sampai sekarang dan semua program keahlian telah terakreditasi dengan Nilai Amat Baik (AB).

“Usia 55 tahun SMK Negeri 1 Sampit tentunya tidak muda lagi, lebih setengah abad mendidik putra-putri bangsa, saat ini memiliki 6 kompetensi keahlian, 36 rombongan belajar, 1209 siswa dan 65 guru,” pungkasnya. (Nardi)

(Visited 4 times, 1 visits today)