Tim Karhutla Barsel Berjibaku Padamkan Api di Danau Malawen

DEDDY/BERITA SAMPIT - Tim Karhutla Barsel berjibaku memadamkan karhutla di Danau Malawen

BUNTOK – Tim Gabungan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berjibaku madamkan kobaran api, yang membakar lahan sekitar 5 hektare di Danau Malawen Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Selasa 17 Januari 2023, sekitar pukul 14.30 WIB.

Adapun tim gabungan Karhutla Barsel terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar) Kodim 1012 Buntok, Polres Barsel, UPT. KPHP Barito Hilir, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pamait dan Sababilah serta relawan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Damkar Barsel Ganda Daya Bina melalui Kabid Damkar Piad John saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa 17 Januari 2023, mengatakan pertama kali mengetahui informasi tersebut dari masyarakat yang menghubungi pihaknya bahwa terjadi karhutla di Danau Malawen.

BACA JUGA:   279 Anggota PPS Barsel Resmi Dilantik

Mendapatkan informasi tersebut seluruh personil Damkar Barsel langsung bergerak menuju lokasi karhutla.

“Dengan menurunkan seluruh unit armada damkar, 1 unit truk angkutan, 1 unit mobil comando dan 2 unit mesin apung,” katanya.

Menurutnya, kejadian sekitar pukul 14.30 WIB dengan luas lahan yang terbakar sekitar 5 haktare dan api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan sekitar 3 jam.

BACA JUGA:   Kembali Terjadi, Kapal Tug Boat Tarik Tongkang Batu Bara Tabrak Tiang Fender Jembatan Kalahien

“Pada saat kejadian, cuaca sangat panas dan sedikit berangin,” jelas Piad John.

Lebih lanjut diapun menambahkan, kepada masyarakat dihimbau agar tidak membakar hutan dan lahan. Mari kita sama-sama, menjaga hutan kita agar tetap hijau dan lestari.

Apabila ada melihat karhutla, yang apinya masih kecil tolong segera dimatikan jangan sampai apinya membesar dan tidak dapat tertangani.

“Terkait asal api, apakah memang ada yang sengaja membakar atau terbakar sendiri belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib,” pungkas Piad John. (Ded)

(Visited 72 times, 1 visits today)