Wagub Kalteng: Perguruan Tinggi sebagai Pusat Membangun SDM Berkualitas

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pelantikan Rektor Universitas Muhammadyah Palangka Raya (UMP) Periode 2023-2027

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan, perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sinilah pentingnya peran Perguruan Tinggi sebagai pusat unggulan (center of excellent) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pelantikan Muhamad Yusuf sebagai Rektor Universitas Muhammadyah Palangka Raya (UMP) Periode 2023-2027, di Hotel Bahalap Palangka Raya, Selasa 17 Januari 2023.

Edy menambahkan, momentum pelantikan rektor ini menjadi waktu yang tepat bagi segenap jajaran UMP untuk meneguhkan visi ke depan, menyatukan gerak langkah, serta terus berbenah diri, guna menjadikan UMP sebagai sebuah perguruan tinggi yang berkualitas dan memiliki daya saing global.

BACA JUGA:   Dokter Diharapkan Dapat Berkontribusi Positif Dalam Pembangunan Kesehatan

“Saya berpesan kepada Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan semua perguruan tinggi di Kalimantan Tengah agar mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam membangun sumber daya manusia Kalimantan Tengah yang berkualitas unggul dan berdaya saing,” harapnya.

Terkait hal itu, Rektor UMP Periode 2023-2027 Muhamad Yusuf mengungkapkan ke depannya UMP ingin melaksanakan program-program Pemerintah dengan melakukan inovasi-inovasi dan berkolaborasi antara mahasiswa dan dosen dalam menjalankan pendidikan. “Ke depan mahasiswa adalah yang paling utama, dan dosen bertugas mengawal mahasiswa,” sebutnya.

BACA JUGA:   Tiga Kabupaten di Kalteng Masih Terdampak Banjir

Ketua Umum PP Muhammadyah Haedar Nashir juga menyampaikan, tugas Rektor yang baru tidaklah mudah untuk menjadikan UMP menjadi kampus riset ke depannya.

“Sudah menjadi tugas Majelis Diktilitbang dan PP Muhammadyah mengakselerasi rasio dosen agar semua dosen itu bergelar Doktor. Di UMP, sudah ada 39 Doktor dari 170 Dosen, ini menjadi tugas Rektor baru untuk mempercepat akselerasi ini dalam tempo yang sesingkat-singkatnya,” pungkasnya. (Hardi)

(Visited 6 times, 1 visits today)