Karhutla Mulai Terjadi di Sukamara

IST/BERITA SAMPIT - Anggota TRC BPBD Sukamara saat melakukan pemadaman kebakaran yang melahap lahan gambut.

SUKAMARA – Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukamara telah terjadi dua kali kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut pada hari Selasa 17 Januari 2023 sekitar pukul 13.00 WIB dan 15.20 WIB.

Kepala BPBD Sukamara, Agus Mulyanto mengatakan bahwa dua titik tersebut ada di daerah Jampah Kelurahan Padang dan Desa Karta Mulya Kecamatan Sukamara.

“Iya kemarin Selasa, 17 Januari 2023 ada 2 titik, 1 titik di Jampah, 1 titik di jalan M. Saleh Desa Karta Mulya, yg besar apinya di jalan M. Saleh Karta Mulya,” kata Agus Mulyanto, Rabu 18 Januari 2023.

BACA JUGA:   Kemasan Kurang Menarik Jadi Kendala Pengembangan UMKM di Sukamara 

Dalam upaya pemadaman kebakaran lahan di dua titik tersebut BPBD Sukamara menerjunkan personel TRC -BPBD yang dibantu dari TNI Polri, Manggala Agni dan KPHP Sukamara-Lamandau.

“Yang terbakar itu vegetasi semak belukar di daerah tahan gambut, jadi kita perlu ekstra untuk melakukan pemadaman karena untuk di Desa Karta Mulya kebakarannya sempat besar,” jelas Agus Mulyanto.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Sampaikan Hasil Rekapitulasi SKPD dengan Penyerapan Anggaran Tertinggi Tahun 2022

Agus Mulyanto berharap dengan cuaca yang semakin panas saat ini, masyarakat ikut membantu untuk menjaga lingkungan dan segera memberi laporan jika terjadi Karhutla, agar penanganan cepat dan kebakaran tidak meluas.

“Kebakaran lahan ini kita selesai penanganan pemadaman sekitar pukul 18.45 WIB, kita berharap tidak ada kebakaran lahan lagi apalagi daerah gambut,” tukas Agus Mulyanto. (enn).

(Visited 5 times, 1 visits today)