Maksimalkan Pelayanan Publik, Dishub Palangka Raya Luncurkan Aplikasi Si Lancip

RAHUL/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan saat memberikan penjelasan di launching hasil suvey Indeks kepuasa Masyarakat di ruang rapat Dishub Palangka Raya, Rabu 18 Januari 2023. 

PALANGKA RAYA – Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya terus memberikan gebrakan dan inovasi untuk memaksimalkan pelayanan publik. Terbaru, Dishub Kota Palangka Raya meluncurkan program Si Lancip (Sistem Layanan Citra Perhubungan).

Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan mengatakan, program Si Lancip merupakan salah satu upaya dalam mendukung visi dan misi pemerintah setempat dalam meningkatkan kinerja.

“Program Si Lancip meruapakan inovasi yang kami lakukan untuk membantu pemerintah Kota Palangka Raya, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pada sektor perhubungan,” katanya, di acara launching Hasil Surve Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Tahun 2022, di Ruang Rapat Dishub Kota Palangka Raya, Rabu 18 Januari 2023.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Ringkus Sindikat Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong

Program Si Lancip kata Alman, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Palangka Raya Nomor 88.45/273/2021 tentang Penetapan Sistem Layanan Citra Perhubungan (si-Lancip) Sebagai Inovasi Daerah Standar Pada Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2021.

Alman mengatakan, dalam penilaian inovasi daerah, program Si Lancip mendapatkan poin tertinggi. Penilaian tersebut meliputi dari beberapa indikator seperti pendapatan asli daerah (PAD) dan indikator kepuasan pelanggan.

“Berdasarkan penilaian Litbang Kemendagri, Si Lancip meningkatkan kepuasan publik sebesar 92 persen dan sukses menaikkan PAD,” bebernya.

BACA JUGA:   ASN dan PTT Pemkot Palangka Raya Diminta Ikuti Kerja Bakti Massal

Program Si Lancip, jelas Alman, meliputi beberapa jenis layanan yang ada pada sektor perhubungan. Layanan tersebut terdiri dari Si- BUE (Sistem Bukti Uji Elektronik KIR) yang merupakan aplikasi SIM PKB, Integritas Sistem, Penggunaan Smart Card yang lebih praktis, efisien, dan aman.

“Jadi nanti kita akan terus tingkatkan dan kita akan sampaikan kepada lurah dan camat untuk mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan atau keluhan masyarakat,” pungkasnya.

(rahul)

(Visited 10 times, 1 visits today)