TEPRA Forum Strategis Untuk Memperkuat Koordinasi

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menyampaikan, rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) merupakan forum strategis untuk memperkuat koordinasi, sinergi dan harmonisasi dalam pengelolaan anggaran, khususnya percepatan penyerapan anggaran, baik APBD maupun APBN di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng untuk tahun 2023.

“Melalui rapat TEPRA ini, diharapkan berbagai kendala yang menghambat realisasi anggaran pada tahun 2022 dapat diidentifikasi, untuk kemudian dirumuskan solusinya bersama, agar permasalahan-permasalahan yang sama tidak terulang kembali pada tahun 2023, sehingga realisasi pembangunan tahun ini akan semakin meningkat, sesuai dengan target yang telah direncanakan,” katanya saat membuka rapat TEPRA Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2023, di Aula Eka Hapakat, Rabu 18 Januari 2023.

BACA JUGA:   Wagub: BI Mitra Pemerintah Ikut Membantu Mempercepat Pembangunan Kalteng

Edy Pratowo mengapresiasi Perangkat Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang penyerapan anggarannya sudah tinggi. “Saya minta kepada Perangkat Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang masih rendah realisasinya, agar melakukan langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan anggarannya, sehingga dapat mendukung pencapaian target realisasi yang telah ditetapkan tiap triwulan pelaksanaan anggaran,” tuturnya.

Ia juga meminta seluruh Perangkat Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar saling bersinergi mendorong percepatan realisasi anggaran.

“Rapat TEPRA ini jangan sampai hanya sekedar menjadi rutinitas saja, tetapi harus benar-benar memberikan progres nyata, terutama dalam mengawal pelaksanaan realisasi anggaran dan program-program pembangunan agar dapat berjalan secara optimal dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko saat membacakan laporan Sekda Provinsi Kalteng menyampaikan maksud penyelenggaraan rapat ini adalah untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi dengan semua pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pengelolaan anggaran, khususnya pelaksanaan percepatan penyerapan anggaran, baik APBD maupun APBN di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

BACA JUGA:   Imigrasi Palangka Raya Beri Layanan Paspor Simpatik pada Akhir Pekan

“Tujuan rapat TEPRA ini adalah untuk memonitor dan mengevaluasi percepatan realisasi penyerapan anggaran yang telah dilakukan stakeholder, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yaitu Triwulan I sebesar 20 persen, Triwulan II 50 persen, Triwulan III 85 persen, dan tanggal 15 November tahun berjalan sebesar 100 persen fisik,” pungkasnya. (Hardi)

(Visited 8 times, 1 visits today)