Bupati Sukamara Minta Nelayan Jaga Kerukunan dan Kelestarian Laut

ENN/BERITA SAMPIT - Nelayan yang mengikuti proses tabir bunga di muara Sungai Jelai berebut air doa yang akan disiramkan ke kapal mereka.

SUKAMARA – Bupati Sukamara, Windu Subagio dalam acara Syukuran Laut ke-17 di Kecamatan Jelai mengharapkan para nelayan setempat agar menjaga kerukunan antar nelayan baik lokal maupun nelayan luar daerah.

“Saya berharap nelayan dapat menjaga kerukunan dalam mencari ikan, bukan hanya dengan nelayan sesama Jelai tapi juga nelayan dari luar daerah seperti nelayan dari Jawa yang sering singgah di Kuala Jelai,” terang Windu Subagio usai ritual menabur air bunga di Muara Sungai Jelai, Kamis 19 Januari 2023.

Windu Subagio menerangkan jika Pemerintah Kabupaten Sukamara, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat siap membina, mendampingi para nelayan dan untuk mewujudkan nelayan yang mandiri, kuat dan sejahtera.

BACA JUGA:   Sejumlah Proyek Pembangunan di Sukamara Tertunda Akibat Bencana Alam

“Pemerintah melalui dinas terkait memiliki berbagai program untuk pembinaan nelayan agar nelayan kita bisa kuat dan mandiri, bisa bersaing juga dengan nelayan dari luar daerah,” kata Windu Subagio.

Dalam kesempatan itu, Windu juga tidak lupa mengajak masyarakat Kabupaten Sukamara yang menyaksikan acara Syukuran Laut ke-17 di Kecamatan Jelai agar selalu melestarikan budaya pesisir pantai dan menjaga kelestarian laut yang merupakan aset Kabupaten Sukamara.

“Laut ini merupakan warisan untuk anak cucu kita dimasa depan, tolong dijaga jangan sampai nanti anak cucu kita tidak dapat menikmati hasil laut yang saat ini begitu melimpah,” tukas Windu Subagio.

Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara menggelar Syukuran Laut ke-17 yang dipusatkan di Kelurahan Kuala Jelai, Kamis 19 Januari 2023.

BACA JUGA:   Gaji Pramu Kebersihan Masih Dianggarkan DLH Sukamara Hingga Oktober

Kegiatan yang setiap tahun digelar itu merupakan sebuah ungkapan rasa syukur terhadap tuhan atas segala nikmat serta rezeki dari limpahan hasil laut yang didapat oleh masyarakat pesisir selama setahun lalu.

Syukuran Laut diawali dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh pemuka agama Kelurahan Kuala Jelai dan dilanjutkan dengan penaburan bunga dan beras kuning di muara Sungai Jelai yang mengarah ke Laut Jawa.

Kegiatan penaburan bunga dilakukan pertama kali oleh Bupati Sukamara Windu Subagio dilanjutkan Wakil Bupati, Ahmadi serta Forkopimda yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. (enn).

(Visited 1 times, 1 visits today)