Wakil Ketua DPRD Mahakam Ulu Sebut Kalteng dan Kaltim Banyak Persamaan

RAHUL/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Mahakam Ulu, Tiopilus Hanye saat diwawancarai awak media, Kamis (19/1/2022).

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mahakam Ulu, Tiopilus Hanye mengatakan bahwa Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur banyak memiliki persaamaan, baik budaya maupun letak geografis.

“Pertama saya menyampaikan bahwa kami datang ingin bersilaturahmi sesama di pulau Kalimantan, apalagi IKN sekarang berada di Kaltim sehingga kami harus banyak belajar kepada DPRD yang sudah berpengalaman,” ungkapnya saat diwawancarai, Kamis 19 Januari 2023.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Inovasi Dishub Palangka Raya

Lebih lanjut Tiopilus, mengatakan bahwa salah satu persamaan yang dimiliki adalah beraneka ragamnya Suku Dayak. Di Mahakam Ulu sendiri kata dia, memiliki Suku Dayak Oheng, Bahau, Kayan, Bakumpai dan sebagainya.

“Di Kalteng sendiri kan memiliki Perda Ornamen Dayak sedangkan di Mahakam Ulu itu tidak memiliki hal tersebut, jadi masih banyak bangunan yang belum memiliki khas Dayak,” jelas dia.

BACA JUGA:   Legislator Ini Inginkan Pemilu dengan Sistem Proporsional Tertutup

Kemudian, terkait Perda sendiri, kata Tiopilus, di Kalteng perda dari provinsi sehingga turun ke kabupaten kota. Hal ini kata dia, belum dimiliki di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Di Kaltim sendiri kita belum menemukan Lembaga Adat Dayak yang ada di provinsi. Jadi perda ini akan kita evaluasi,” pungkasnya.

(rahul)

(Visited 7 times, 1 visits today)