Legislator Kalteng Imbau Pemda Realisasikan Aspirasi Masyarakat Soal Pendidikan

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng, Andina Theresia Narang.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Andina Theresia Narang mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dapat merealisasi aspirasi masyarakat di sektor pendidikan salah satunya di Kabupaten Katingan.

Ia menjelaskan, ada banyak aspirasi pada sektor pendidikan yang disampaikan oleh masyarakat utamanya pihak sekolah di wilayah Kabupaten Katingan kepada pihaknya selama pelaksanaan reses beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu aspirasi pada sektor pendidikan ini harus bisa direalisasi, karena pendidikan merupakan kunci untuk menciptakan SDM yang berkualitas, sehingga perlu dijadikan fokus utama perhatian,” katanya melalui rilis yang diterima pada Jumat, 20 Januari 2023.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemda Optimalkan Potensi Wisata Unggulan di Kalteng

Kata Dia, seperti di SMKN 2 Katingan Hilir. Pihak sekolah itu mengharapkan adanya galeri kewirausahaan untuk mendukung siswa siap kerja, sebab sekolah itu menargetkan lulusan 60 persen menjadi wirausaha.

“Hal ini kami rasa sangat penting, karena memang SMK itu salah satu tujuannya menyiapkan SDM siap kerja, jadi pemda perlu mendukung supaya mendirikan galeri kewirausahaan pada SMKN 2 Katingan Hilir tersebut,” jelasnya.

Selain itu, di SDN Tumbang Linting dan Samba Kahayan mengharapkan adanya bantuan perangkat komputer dari pemda dalam rangka untuk menghadapi UNBK asesmen berbasis komputer, sebab komputer di sekolah itu belum memadai.

BACA JUGA:   Pemda Diimbau Antisipasi Kenaikan Harga Bapok Menjelang Ramadan

Selanjutnya, SMPN Desa Tumbang Tungku mengusulkan pembangunan gedung baru SMP Satu Atap serta meminta adanya penambahan guru Seni Buday, Agama Kristen dan BP. Begitu juga SDN Kampung Melayu mengharapkan penambahan guru, sebab guru di sekolah itu kurang.

“Guru di SDN Kampung Melayu itu kebanyakan guru honorer, jadi mereka mengharapkan guru PNS ditambah. Sama halnya dengan SDN Daya Manunggal mereka mengharapkan penempatan guru Agama Islam. Kami sangat mengharapakan setiap aspirasi itu dapat direalisasi,” pungkasnya. (Hardi).

(Visited 5 times, 1 visits today)