Dewan Minta Pemda Optimalkan Potensi Wisata Unggulan di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat mengoptimalkan potensi wisata unggulan yang ada di masing-masing daerah di Kalteng.

Ia menjelaskan, mengoptimalkan potensi wisata unggulan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan juga perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata tersebut.

“Setiap daerah pasti memiliki objek wisata unggulan yang harus dapat dioptimalkan baik dari segi pengelolaan serta peningkatan saran dan prasarana maupun fasilitas pendukungnya. Ini perlu untuk diperhatikan,” katanya melalui rilis yang diterima pada Senin, 23 Januari 2022.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Yakin M Yusuf Mampu Bawa UMPR Semakin Maju dan Berkembang

Menurut Dia, apabila objek wisata unggulan terlihat memadai maka hal itu akan berdampak terhadap banyaknya wisatawan yang berkunjung. Contohnya seperti di Bali, objek wisata yang ada di sana dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Selain itu ia menjelaskan, Bali itu pusat pariwisata mancanegara, karena orang asing banyak mengenal Bali.

“Ini harus bisa kita contohkan, di Kalteng juga kita harus bisa mengelola objek wisata yang dimiliki agar dapat dikenal dan dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal tapi juga macanegara,” lugasnya.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Minta Semua Masyarakat Waspada Karhutla

Selain dari segi pengelolaan dalam rangka mengoptimalkan wisata unggulan yang ada, promosi juga perlu terus digencarkan agar wisatawan banyak yang datang ke Kalteng, terlebih lagi saat ini pandemi sudah melandai dan hal ini harus dapat dimaksimalkan dengan baik.

“Selain itu, program-program juga perlu diadakan seperti paket perjalanan wisata, artinya tidak hanya mengunjungi satu atau dua objek saja, tapi sejumlah tempat yang menjadi unggulan. Saya rasa jika dioptimalkan maka pariwisata di Kalteng ini bisa maju,” pungkasnya. (Hardi).

(Visited 12 times, 1 visits today)