Dewan Dorong Peningkatan SMK Negeri 3 Palangka Raya

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing, mendorong peningkatan SMK Negeri 3 Palangka Raya. Pasalnya, SMK merupakan sarana mencetak sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja. Oleh karena itu guna mendukung keterampilan dan kecakapan pelajar di dunia kerja, maka prasarana dan prasarana penunjang SMK harus di tingkatkan.

“Termasuk sarana praktik pelajar jurusan perhotelan di sekolah SMKN 3 Palangka Raya,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Selasa 24 Januari 2023.

Ia menambahkan, pihaknya di DPRD Kalteng terus mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) untuk membantu meningkatkan sarana dan prasarana (sapras) sektor pendidikan.

“Kami melihat Education Hotel (Edotel) yang saat ini dikelola langsung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palangka Raya, memiliki beberapa layanan umum. Seperti penginapan, penjualan tiket pesawat dan cafe/ restoran. Hanya saja memang perlu dukungan sarana penunjang agar bisa lebih berkembang lagi,” jelasnya.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Serap Aspirasi Masyarakat Murung Raya

Ia menjelaskan, Edotel di SMKN 3 Palangka Raya yang difungsikan sebagai aset praktik siswa jurusan perhotelan tersebut sangat memerlukan perhatian dari pemerintah.

“Peningkatan sapras Edotel perlu mendapat atensi dari pemerintah, mengingat selain menjadi aset praktik siswa jurusan perhotelan SMKN-3 Edotel juga mampu meningkatkan kemampuan siswa saat lulus dan terjun langsung ke dunia kerja,” ujarnya.

Disampaikan, Edotel memang disiapkan untuk sarana praktik siswa jurusan perhotelan di SMKN-3 Palangka Raya. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan skill siswa dalam paktik langsung di lapangan perlu ditunjang dengan sapras yang memadai khususnya di Edotel tersebut. Dikatakan, salah satu fasilitas maupun sarana yang wajib tersedia saat mendirikan sebuah hotel adalah ketersediaan air conditioning (AC) dan air bersih.

BACA JUGA:   Gerakan Kemanusiaan PMI Harus Mendapat Dukungan Semua Pihak

“Kondisi Edotel di SMKN-3 Palangka Raya. Kondisinya bisa dibilang sudah memenuhi standar hotel, walaupun tujuannya untuk praktik siswa jurusan perhotelan, karena bisa digunakan untuk umum,” lugasnya.

Ia juga mendorong, baik masyarakat serta instansi pemerintah maupun swasta di Kalteng juga dapat membantu sekolah tersebut.

“Bantuan bisa berbagai macam. Misalnya, menginap di sana, membeli tiket, membeli makanan dan banyak lagi bentuk lainnya. Termasuk, memberikan bantuan hibah guna meningkatkan sapras di sekolah tersebut,” pungkasnya. (Hardi)

(Visited 4 times, 1 visits today)