Kemenag Kalsel Persiapkan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin untuk Layani Jamaah Haji 2023

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan DR. H. Muhammad Tambrin. (ANTARA)

BANJARMASIN – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjabaru untuk melayani jamaah haji tahun 2023.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan DR. H. Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Selasa 24 Januari 2023, pemerintah daerah menyiapkan penginapan bagi jamaah yang hendak diberangkatkan ke Tanah Suci di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah mempersiapkan fasilitas penginapan sebagaimana yang biasa tersedia di hotel di Gedung Jabal Rahmah di kompleks Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

“Gedung ini bisa menampung satu kloter jamaah haji,” katanya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalsel Larang Penggunaan Drone saat Haul Guru Sekumpul

Ruang-ruang penginapan di gedung tersebut, menurut dia, dilengkapi kamar mandi dengan air dingin dan hangat, kulkas, televisi, pendingin udara.

Selain Gedung Jabal Rahmah, Tambrin mengatakan, bangunan penginapan yang lama juga akan disiapkan untuk menampung jamaah haji mengingat Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin melayani jamaah dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Sekitar 5.000 lebih (anggota) jamaah haji Kalsel dan Kalteng itu Insya Allah tahun ini,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa Indonesia pada tahun 2023 kembali mendapat kuota memberangkatkan 221 ribu orang ke Tanah Suci sebagaimana pada tahun 2019, sebelum pandemi COVID-19 datang.

BACA JUGA:   Arus Lalu Lintas di Banjarbaru Ramai Lancar saat Haul Guru Sekumpul

Pada tahun 2019, ia melanjutkan, Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kuota memberangkatkan 3.818 orang untuk berhaji dan Provinsi Kalimantan Tengah mendapat kuota memberangkatkan 1.617 orang untuk menunaikan ibadah haji.

Dia mengatakan bahwa sampai sekarang pemerintah pusat belum menetapkan kuota haji per provinsi maupun biaya perjalanan ibadah haji tahun 2023.

“Jadi kita tunggu bersama dengan sabar,” katanya.

(ANTARA)

(Visited 4 times, 1 visits today)