Legislator Ini Inginkan Pemilu dengan Sistem Proporsional Tertutup

RAHUL/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto saat ditemui awak media, di depan Kantor DPRD Kota Palangka Raya, Rabu (25/1/2023).

PALANGKA RAYA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto menginginkan sistem Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diselenggarakan dengan proporsional tertutup.

Memang beberapa waktu lalu, wacana perubahan sistem pemili sempat mencuat yang disampaikan pleh KPU RI, namun sebagian besar partai menolak sistem pemilu dengan proporsional tertutup, kecuali Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Kemudian, menurut Sigit K Yunianto sendiri, seperti partainya PDI Perjuangan, dirinya juga lebih sepakat pemilu dengan sistem proposlrsional tertutup.

BACA JUGA:   Legislator Tanggapi Inflasi yang Terjadi di Kota Palangka Raya

“Kalau saya secara pribadi dan kepercayan saya lebih cenderung ke proporsional tertutup,” ungkap Ketua DPRD kepada awak media, Rabu, 25 Januari 2023.

Karena menurut dia bahwa “Kenapa saya memilih karena melihat kondisi bangsa ini Sekarang yang sistem Pemilu proporsional terbuka itu unsur kapitalismenya kuat.

“Misalnya jika kamu punya duit pasti duduk, sedangkan yang berdarah-darah membangun partai belum tentu bisa duduk, akhirnya caleg bisnis lo, karena merasa memiliki duit, lalu dimana asas demokrasi,” jelasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kota Palangka Raya Meninggal Dunia, Sigit K Yunianto: Jum’atni Sosok Inspiratif

Lanjut dia, “Kemudian jika dengan proporsional tertutup, partai maka anggota DPRD yang duduk itu adalah memiliki figur-figur untuk membawa lembaga DPRD ini, ke marwa yang lebih kuat,” tegas dia.

Sehingga menurut Sekretaris DPP PDI Perjuangan ini juga, Karena Gembelengan kader akan selalu dilakukan gembelengan, sehigga hal seperti misalnya sekarang baru lulus SMA punya duit nyaleg, langsung duduk,” pungkasnya.

(rahul)

(Visited 45 times, 1 visits today)