Alur Pendaftaran JKN Rumit Sebelum Ada Aplikasi eDabu

RAHUL/BERITA SAMPIT - Suasana di Ruang Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya saat sosialisasi Teknis Penggunaan Aplikasi Edabu PD Pemda, Kamis 26 Januari 2023.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menggelar sosialisasi teknis penggunaan aplikasi eDabu PD Pemda, di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis 26 Januari 2023.

Sebelum adanya aplikasi eDabu alur pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) milik BPJS Kesehatan terbilang memiliki alur yang cukup rumit dan membuat masyarakat enggan mendaftar.

Dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan, hadirlah Aplikasi Layanan Elektronik Data Badan Usaha (eDabu) BPJS Kesehatan, yang mana merupakan aplikasi yang memudahkan badan usaha atau perusahaan untuk mengelola kepesertaan BPJS Kesehatan. Mulai dari mengurus administrasi kepesertaan bagi karyawan maupun anggota keluarga karyawannya.

BACA JUGA:   Si Jago Merah Melahap Puluhan Rumah di Flamboyan Bawah

Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Asep Komarudin juga menyampaikan bahwa begitu rumit dan panjangnya alur pendaftaran JKN sebelum adanya aplikasi eDabu.

“Biasanya peserta itu datang ke kelurahan atau kecamatan untuk mendaftar JKN, lalu kelurahan atau kecamatan menyampaikan data calon peserta ke Dinas Sosial, kemudian diverifikasi dan validasi Dinas Sosial dan Dukcapil,” ungkapnya.

Kemudian, kata Asep, Dinas Sosial menyampaikan data calon peserta ke Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Setelah itu, Kesra menyampaikan berita acara penyerahan data calon peserta kepada BPJS kesehatan, lalu dilakukan proses migrasi data oleh BPJS kesehatan, sehingga terdaftar sebagai peserta JKN.

BACA JUGA:   UPR Gelar Pelatihan Calon Pengawas UTBK SNBPT 2024 

“Ini alurnya sangat panjang dan mungkin akan selesai selama satu bulan, karena sangat panjang alurnya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa membantu dan mempermudah proses pendaftarannya,” pungkasnya.

Asep menambahkan bahwa tujuan utama aplikasi eDabu hadir adalah memudahkan pelayanan masyarakat. (Rahul).