Pemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024

IST/BERITA SAMPIT - Saat berlangsungnya kegiatan acara forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Gunung Mas tahun 2024.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan acara forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Gunung Mas tahun 2024 yang dilaksanakan di aula Bappedalitbang, Kamis 26 Januari 2023.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas, Yantrio Aulia menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD Kabupaten Gunung Mas tahun 2024.

“Saya berharap dalam kegiatan ini, adanya kesepahaman terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis daerah serta penyempurnaan terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan Daerah,” ungkap Yantrio Aulia.

Lebih lanjut ia menyebutkan, dengan adanya Kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Gunung Mas tahun 2024 yang tertuang dalam Berita Acara dan ditandatangani oleh Pimpinan Forum.

BACA JUGA:   Dukung Ketahanan Pangan, Satresnarkoba Polres Gunung Mas Panen Perdana Cabai Rawit

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing mengungkapkan, penyempurnaan rancangan awal RKPD ini untuk memberikan panduan kepada seluruh perangkat daerah dalam proses penyempurnaan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif.

“Konsultasi publik perihal penyempurnaan rancangan awal RKPD ini merupakan bagian dari perumusan kebijakan publik dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah,”tutur Efrensia LP Umbing.

Selanjutnya, ia meminta perlu untuk melakukan identifikasi awal berkaitan dengan, analisis gambaran umum kondisi daerah, analisis realisasi APBD tahun sebelumnya dan kerangka ekonomi tahun rencana.

Kemudian, terkait dengan permasalahan kebijakan Policy Problem dan isu strategis daerah, sasaran, strategi dan arah kebijakan, penyelarasan dengan RKP Nasional, Tela’ah pokok-pokok pikiran DPRD; dan prioritas pembangunan daerah tahun 2024.

“Saya berharap kepada semua Stakeholder yang berkepentingan, kiranya dapat saling dukung dan saling membantu dalam menjalankan berbagai kebijakan pembangunan di daerah ini, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini pada masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Tandatangani Sembilan Belas Paket Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa

“Saya berharap seluruh aspirasi dapat ditampung sebagai pertimbangan usulan program, kegiatan maupun sub kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2024 sesuai dengan prioritas dan strategis pembangunan Kabupaten Gunung Mas,” tutup Efrensia LP Umbing.

Untuk diketahui bahwa, kegiatan tersebut diikuti oleh para peserta Musrenbang Kabupaten Gunung Mas yang terdiri dari anggota DPRD, seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Lembaga Swadaya Masyarakat, tokoh masyarakat/ adat/pemuda, dunia usaha, akademisi, kelompok marjinal, perempuan, anak, dan disabilitas di lingkup Kabupaten Gunung Mas. (ale)

(Visited 4 times, 1 visits today)