Pemkot Palangka Raya Gelar Operasi Pasar Beras Siam di Kelurahan Menteng

RAHUL/BERITA SAMPIT - Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal (tengah) saat menyerahkan beras siam kepada masyarakat, di Kantor Kelurahan Menteng, Kamis 26 Januari 2023.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian (DPKUKMP) menggelar operasi pasar khusus beras siam, di Kelurahan Menteng Palangka Raya, Kamis 26 Januari 2023.

Kepala DPKUKMP, Samsul Rizal mengatakan, adanya operasi pasar ini untuk meringankan beban masyarakat. Beras siam per 5kg biasanya dijual seharga Rp80 ribu, di operasi pasar ini hanya dijual dengan harga Rp50 ribu per 5kg.

BACA JUGA:   Musprov PBSI Kalteng, Sugiyanto Kembali Terpilih sebagai Ketua Umum

“Artinya Pemkot Palangka Raya memberikan subsidi sebesar Rp30 ribu. Ini adalah salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Samsul mengatakan, kegiatan operasi pasar ini nantinya akan dilaksanakan di kelurahan-kelurahan lain. Jumlahnya kata dia, nanti akan disesuaikan dengan kondisi kelurahan.

“Untuk Kelurahan Menteng kami hanya siapkan 500 sak. Mudah-mudahan ini cukup karena idealnya memang lebih banyak tetapi kouta ini terbatas,” sebutnya.

BACA JUGA:   Ketua SEMA-I: Training Legislatif Sebuah Ruang untuk Memperoleh Pemahaman Dinamika Legislatif

Samsul menjelaskan, beras siam ini adalah beras lokal yang harganya cukup tinggi, sehingga Pemkot Palangka Raya memilih beras jenis ini Siam. Hal ini tambahnya, bertujuan untuk menetralkan harga di pasaran.

“Program ini sudah kita laksanakan sebanyak tiga kali. Untuk selanjutnya tetap beras Siam karena yang paling diminati adalah beras jenis ini,” pungkasnya. (Rahul).