Jembatan Sie Katingan Berlubang Lagi, Pengguna Jalan Diimbau Hati-Hati

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi Lantai Jembatan Sei Katingan yang berlubang

KASONGAN – Para pengguna jalan baik roda dua maupun empat atau lebih diminta berhati-hati dan mengurangi kecepatan saat melewati Jembatan Sei Katingan di Kota Kasongan. Selasa 31 Januari 2023.

Pasalnya, salah satu sisi lantai di tengah jembatan berlubang berkisar 20 cm dan terdapat retakan pada sekitaran lubang.

Petugas Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahkan telah melakukan pengecekan, namun belum banyak bisa mengambil tindakan.

Pihaknya hanya bisa mengiatkan bagi pengguna jalan agar bisa berhati-hati, melintas jembatan penghubung antar kabupaten tersebut.

BACA JUGA:   Seorang Pria Ditemukan Gantung Diri di Pondok Kosong

Jembatan Sei Katingan diresmikan pada 23 Desember tahun 1991 silam oleh Presiden RI Soeharto. Usianya cukup tua dan memang harus dilakukan perawatan.

“Semoga cepat ditangani oleh pihak terkait. Bahaya kalo dibiarkan bisa merusak bangunan lantai lainnya bahkan paling parah bisa roboh. Harapan kami sebagai warga ya, cepat ditangani,” ucap Wirman salah satu warga Kasongan.

Dia khawatir Kondisi jembatan semakin parah bila tidak ditangani dengan cepat apalagi terus dilewati oleh kendaraan bermuatan material seperti mobil tronton dan jenis mobil pengangkut yang bermuatan berat.

BACA JUGA:   Lantik 39 Penwascam, Pj Bupati Katingan Minta Jaga Integritas, dan Bekerja Secara Profesional

“Bisa dilihat kondisi jembatan berlubang nampak jelas besi lantai jembatan bahkan di bawahnya air sungai Katingan langsung,” bebernya.

Di tahun 2022 yang lalu pernah dilakukan perbaikan lantai jembatan yaitu penambalan Aspal di Jembatan Sei Katingan beberapa kali dan berlubang lagi, sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

“Memang benar dulu sebelumnya pernah ada penambalan, tapi tidak berlangsung lama kembali rusak atau mengelupas, semoga ada perawatan dan pengcekan rutin,”harapnya.

(KAWIT)