Warga Desa Tabiku Seruyan Usul Pembangunan SMA/SMK Negeri

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng, Ferry Khaidir.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Ferry Khaidir mengungkapkan warga Desa Tabiku, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan mengusulkan pembangunan SMA/SMK Negeri kepada Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Provinsi Kalteng.

Usulan itu disampaikan oleh kepala desa dan tokoh masyarakat setempat kepada pihak anggota DPRD Kalteng ketika melaksanakan reses beberapa waktu lalu, sebab saat ini di Desa Tabiku belum memiliki SMA/SMK Negeri sebagai tempat anak-anak desa melanjutkan pendidikan.

“Anak-anak di desa itu ketika hendak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK harus ke daerah lain, ini tentu menjadi persoalan karena kebanyakan orang tua anak-anak di sana kurang mampu dari segi perekonomian,” ungkap Ferry Khaidir melalui rilis yang diterima pada, Selasa 31 Januari 2023.

BACA JUGA:   Pemerintah Diminta Bijak Terapkan Kenaikan Tarif PPN

Akibat terkendala ekonomi, keinginan kebanyakan anak-anak untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK harus pupus, sebab jika bersekolah di luar daerah membutuhkan biaya, baik untuk menyewa tempat tinggal maupun ongkos sehari-hari.

“Hal ini seharusnya membutuhkan perhatian, karena pendidikan merupakan ujung tombak untuk meningkatkan SDM. Harapan masyarakat usulan itu bisa ditindak lanjuti agar anak-anak bisa melanjutkan pendidikan untuk mendukung kehidupan yang lebih baik ke depan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pemda Diminta Tingkatkan Kualitas SDM di Wilayah Pelosok Kalteng

Oleh karena itu, saat ini Desa Tabiku juga sudah menyiapkan lahan khusus untuk membangun SMA/SMK Negeri di sana, hal ini sebagai bentuk dukungan masyarakat setempat agar pemerintah bisa memperhatikan sektor pendidikan di wilayah setempat.

“Untuk lahan sudah disiapkan, yang paling diharapkan masyarakat yakni utamanya pembangunan SMA Negeri. Kita minta usulan ini agar dapat menjadi fokus perhatian oleh pemda mengingat sektor pendidikan sangat penting bagi anak-anak di sana,” tandasnya. (Hardi).