Porprov Kalteng 2023 Ajang Melihat Cabor Potensial

NARDI/BERITA SAMPIT- Ketua Harian KONI Kalteng Christian Sancho saat menyampaikan sambutan.

SAMPIT – Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Christian Sancho memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) Kotawaringin Timur (Kotim), pada Sabtu 4 Februari 2023.

Ia menyampaikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 yang sebentar lagi digelar di Kotim adalah ajang verifikasi atlet cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, sekaligus melihat cabang olahraga (Cabor) potensial Kalteng meraih prestasi.

“Nantinya dalam pelaksanaan Porprov Kalteng 2023 harus ada catatan cabang olahraga mana yang potensi untuk kalteng bisa meraih hasil maksimal dalam PON Aceh dan Medan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Warga Pasir Putih Tunggu Itikad Baik Pihak Pemda Kotim, Ada Apa?

Christian berharap atlet Kalteng yang dikirim ke PON nanti dapat meraih hasil yang maksimal dan meraih medali sebanyak mungkin, sehingga peringkat Kalteng bisa naik yang saat ini rangking 26.

Kata Christian Sancho, hal tersebut untuk menyiasati anggaran agar tak terlalu besar keluar namun prestasi dapat diraih maksimal, sehingga dilihat Cabor yang potensial.

“Kami juga akan memprioritaskan anggaran untuk atlet dan pelatih yang meraih prestasi mengharumkan nama daerah,” ujarnya.

Menurut Dia, dukungan dana olahraga di Kotim sangat baik, anggaran tersebut untuk pembinaan Cabor, pasalnya olahraga tanpa sarana prasaran yang memadai dan dukungan pemerintah maka tak akan bisa maju.

BACA JUGA:   Sejumlah Desa Belum Teraliri Listrik, Halikinnor Optimis Dapat Merealisasikan Program Kotim Terang

Adapun Musorkab tersebut memiliki agenda utama pemilihan Ketua KONI Kotim 2023-2027, selain itu juga pembahasan evaluasi kerja yang sudah dilaksanakan, dan rencana program kerja dalam empat tahun ke depan. Dihadiri Bupati Kotim Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua DPRD Kotim Rinie Anderson, Wakil DPRD Kotim Rudianur, serta undangan lainnya.

“Siapapun figur yang terpilih sebagai Ketua KONI Kotim, kami sambut baik dan semoga acara berjalan dengan lancar dan sukses, tak ada intervensi dari KONI Kalteng,” pungkasnya. (Nardi)