BPJS Kesehatan Muara Teweh Lakukan Supervisi ke RSUD Buntok

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Achmad Zainuddin melakukan supervisi ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok didampingi Kepala BPJS Kesehatan Barito Selatan Elly Damaiyanti di Buntok, Selasa (28/2/2023). ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

BUNTOK – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Achmad Zainuddin melakukan supervisi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah guna memastikan pemanfaatan sistem antrean daring berjalan lancar.

“Ini sebagai bentuk koordinasi kita untuk peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (RSUD Jaraga Sasameh, red.) melalui optimalisasi pemanfaatan sistem antrean online (daring) yang menjadi kemudahan bagi peserta JKN untuk bisa mengakses layanan di fasilitas kesehatan secara mudah, cepat, dan pasti,” ucapnya dengan didampingi Kepala BPJS Kesehatan Barito Selatan Elly Damaiyanti di Buntok, Selasa 28 Februari 2023.

Dalam kunjungan pertamanya sejak menjabat sebagai Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, ia meninjau langsung bagian pelayanan administrasi hingga pelayanan poli.

Ia menyampaikan terkait dengan hasil tinjauan pemanfaatan sistem antrean daring di RSUD Jaraga Sasameh pada Februari 2023 kepada Direktur RSUD Jaraga Sasameh yang mana kendala terjadi pada tahap status layanan dalam sistem antrean daring yang masih belum berstatus “selesai dilayani”.

BACA JUGA:   Polres Barsel Musnahkan Barbuk 16,95 Gram Sabu

Ia mengatakan pentingnya peninjauan di masing-masing loket (admisi, poli, farmasi) berjalan dengan baik serta berkoordinasi dengan setiap petugas agar tahapan-tahapan dalam memanfaatkan sistem antrean daring dari pengambilan nomor antrean, proses pelayanan, hingga selesai layanan, dapat diselesaikan dengan status pelayanan lengkap.

“Kami juga berharap jika ada kendala lainnya di lapangan maka dapat menjadi bahan untuk kita evaluasi bersama sehingga kolaborasi menjadi kunci untuk terwujudnya transformasi mutu layanan,” katanya.

Direktur RSUD Jaraga Sasameh dr. Norman Wahyu mendukung pemanfaatan sistem antrean daring di RSUD Jaraga Sasameh.

Pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN.

“Kita mendukung penuh agar sistem antrean online di RSUD Jaraga Sasameh dapat berjalan dengan optimal dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh peserta JKN yang berobat di RSUD Jaraga Sasameh. Adapun untuk pemenuhan infrastruktur dan hal lainnya kita terus upayakan secara bertahap,” ungkap dia.

BACA JUGA:   Pj Bupati Barsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Telabang 2024

Komitmen untuk optimalisasi pemanfaatan antrean daring diharapkan juga dapat dipenuhi seluruh petugas RSUD Jaraga Sasameh serta secara bersama mengedukasi pasien yang merupakan peserta JKN, tentang manfaat sistem antrean tersebut secara berkesinambungan.

Ia menyebut  RSUD Jaraga Sasameh sebagai satu-satunya fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan milik pemerintah di Barito Selatan.

“Kami, merasa sangat terbantu khususnya dalam hal pencocokan identitas pasien dengan obat dan nomor antrean peserta, petugas yang bersangkutan dalam melayani pasien menjadi lebih cepat serta risiko terjadi kekeliruan dalam pemberian obat kepada pasien menjadi sangat kecil,” katanya.

Menimbang banyaknya manfaat dari antrean daring tersebut, katanya, tentunya diperlukan penguatan sinergi dan koordinasi untuk mendukung kelancaran pemanfaatan sistem antrean itu sehingga kemudahannya dirasakan oleh peserta BPJS Kesehatan.

(ANTARA)