Warga Cempaga Amankan Buaya yang Terjerat Perangkap Ikan

CHANDRA TOBING/BERITA SAMPIT - Buaya yang terperangkap jaring ikan milik Lambriansyah di Desa Jemaras, Kecamatan Cempaga.

SAMPIT – Seorang warga Desa Jemaras, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Lambriansyah (56) menemukan buaya muara yang tersangkut di jaring ikan miliknya di sungai Cempaga, Rabu 1 Maret 2023 sekitar pukul 08.00 WIB

Menurut Ambi panggilan sehari-harinya, saat dirinya akan mengangkat jaring ikannya, terkejut karena mengira jaring ikannya terperangkap ikan besar.

Namun ketika jaring diangkat ternyata seekor buaya berjenis kelamin jantan yang terperangkap.

Melihat jaringnya tersangkut buaya, ia langsung mengangkat buaya tersebut ke perahu kecilnya dan membawa ke rumahnya.

BACA JUGA:  Kelompok Tani Tegaskan Gugatan PT MAP Kabur dan Tidak Terbukti

“Saat saya tahu itu buaya, saya berinisiatif untuk memotong jaringnya dan membawa buaya tersebut ke tempat saya, sesampainya di rumah, buaya tersebut kami amankan terlebih dahulu, lalu anak saya langsung menghubungi petugas BKSDA yang berada di Sampit,” ungkap Ambi.

Lebih lanjut Ambi menjelaskan petugas dari BKSDA Pos Sampit menimbang berat badannya sekitar 25 kg dan panjang badan 1,2 meter.

BACA JUGA:  Halikinnor Mengejar Gerindra, Pengurus Pasang Syarat Harus Gandeng Kader di Pilkada Kotim

Kemudian petugas BKSDA Pos Sampit, Muriansyah langsung melakukan serah terima satwa dengannya sekitar pukul 11.30 WIB dan buaya tersebut langsung di bawa ke Sampit,

“Sebenarnya saya berinisiatif untuk memelihara binatang tersebut, tetapi anak saya memutuskan untuk menghubungi petugas BKSDA Pos Sampit, saya cuma berharap buaya tersebut bisa di perlakukan dengan baik oleh petugas,” kata Ambi menutup pembicaraan. (tobing)