Pemkab Pulang Pisau Dukung Penguatan SPBE Efektif dan Efisien

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang bersama MenPAN RB Abdullah Anwar Anaz dalam kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 di Jakarta, Senin (20/3/2023). ANTARA/ HO–Diskominfostandi Pulang Pisau

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah mendukung penguatan dan percepatan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efektif dan efisien dalam rangka memberikan akses pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Tentunya keinginan ini sejalan dengan upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten setempat yang terus berusaha memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang di Pulang Pisau, Selasa 21 Maret 2023.

Setelah menghadiri SPBE Summit 2023 di salah satu hotel Jakarta, dirinya juga mengulang kembali arahan yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAn) RB Abdullah Anwar Anaz bahwa kegiatan bertema “Sinergi untuk Indonesia Maju” tersebut yang sebagai upaya penguatan arah kebijakan dan komitmen dari pimpinan instansi pemerintah pusat, gubernur dan bupati untuk mendorong dan mempercepat pelaksanaan dan penerapan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan.

BACA JUGA:   Bhabinkamtibmas Polsek Pandih Batu Amankan ODGJ yang Resahkan Warga

“Meski mendukung terciptanya SPBE, bukan berarti semua perangkat pemerintah berlomba banyak membuat aplikasi dalam platform digital. Namun bagaimana bisa memperkuat aplikasi secara terpadu yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pelayanan digital yang lebih mudah dan ringkas,” katanya.

Dalam arahan tersebut, katanya, MenPAN RB juga menekankan jangan lagi kehadiran satu inovasi juga diikuti pembangunan satu aplikasi baru dan harus mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi dengan konsolidasi dari aplikasi-aplikasi menjadi platform digital secara terpadu, baik untuk kebutuhan internal pemerintah maupun eksternal untuk pelayanan publik.

BACA JUGA:   Angka Stunting di Pulang Pisau Alami Penurunan 7,6 Persen 

“Keberadaan dari SPBE ini juga agar terwujudnya berbagai program prioritas pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE,” kata dia.

Kehadiran Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam kegiatan SPBE Summit 2023 pada Senin (20/3) didampingi sejumlah pimpinan OPD di antaranya Kepala Diskominfostandi Moh Insyafi dan Sekretaris DPRD Hendra.

(ANTARA)