Jelang Ramadan Pedagang Bunga Rampai di Palangka Raya Raup Keuntungan

Pedagang bunga rampai di komplek TPU Jalan Tjilik Riwut Km 12 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (21/3/2023). ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Pedagang bunga rampai di Komplek Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Tjilik Riwut Km 12 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah meraup keuntungan dari warga yang berziarah.

Suhartini salah satu pedagang bunga rampai , Selasa 21 Maret 2023 mengatakan, sejak beberapa hari terakhir omzet penjualan bunga naik dibanding hari biasanya, dalam satu hari pendapatan bisa mencapai Rp300-Rp400 ribu.

“Menjelang bulan puasa ini keuntungan yang kami dapatkan lumayan banyak dibandingkan hari-hari biasa,” katanya di Palangka Raya.

Dia menjelaskan, bunga yang dijual kepada para peziarah, per plastik dengan harga Rp2.500 untuk bunga rampai, sedangkan untuk bunga mawar dan kenanga dijual dengan harga Rp10 ribu per tiga plastik.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Raih Suara Tertinggi Caleg DPR RI Dapil Kalteng

“Alhamdulillah, menjelan bulan suci Ramadhan ini, setiap hari kembang yang kami jual selalu habis dibeli para peziarah,” ucapnya.

Suhartini yang berjualan ditemani anaknya perempuanya itu menuturkan, saat ini dia kesulitan untuk mendapatkan bahan baku bunga untuk para peziarah.

Ia harus menuju ke pusat Kota Palangka Raya tepatnya berada di Jalan Tingang Ujung Kecamatan Jekan Raya, untuk membeli bunga-bunga yang nantinya akan diracik dan dimasukan ke dalam plastik.

“Belinya rebutan dengan orang-orang yang menjual bunga rampai, mawar dan kenanga yang juga berjualan di komplek TPU Muslim di Jalan Tjilik Riwut Km 2 Palangka Raya ,” ungkapnya.

BACA JUGA:   THM Diminta Patuhi Jam Operasional Ramadan demi Menjaga Ketenangan Masyarakat

Diperkirakan, pada Rabu (22/3), akan ada lonjakan  peziarah yang berkunjung ke TPU Muslim di Jalan Tjilik Riwut Km 12 ini. Karena pada hari Kamis (23/3) umat muslim di Palangka Raya sudah melaksanakan ibadah puasa.

Berdasarkan pantauan di lapangan, semakin sore para peziarah baik di TPU Jalan Tjilik Riwut Km 2 dan Km 12 Palangka Raya terus berdatangan. Bahkan pedagang bunga juga sudah berada sejak pagi hari berjualan, untuk mengais rejeki jelang Ramadhan tiba.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi umat muslim di ‘Kota Cantik’ julukan Palangka Raya setiap tahunnya.

(ANTARA)