Guru Diminta Kreatif Tingkatkan Literasi Baca Pelajar

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotim, M Irfansyah.

SAMPIT – Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) M Irfansyah meminta para pendidik kreatif dalam meningkat minat literasi membaca pelajar.

“Ada banyak cara untuk meningkatkan minat literasi siswa tergantung kreatifitas dan pendekatan guru,” ujar M Irfansyah, Kamis 23 Maret 2023.

Menurutnya, dengan pengaruh gadget dikalangan pelajar saat ini khususnya SD dan SMP memang memberikan tantangan tersendiri bagi guru. Namu agar tidak bosan pelajar perlu dikenalkan dengan berbagai jenis buku-buku literasi seperti cerita pendek karena biasanya kalau terlalu banyak ceritanya membosankan.

BACA JUGA:  Tiga Nama Ini Punya Peluang Besar Maju di Pilkada Kotim

“Pelajar juga bisa dikenalkan dengan jenis literasi puisi. Puisi ibarat curahan hati dan pikiran, isinya pun juga tidak begitu panjang,” jelasnya.

Apalagi menurutnya Jika seorang menulis puisi biasanya ada sesuatu dan maksud dari puisi tersebut baik itu berupa Ungkapan perasaan semangat ekspresi jiwa dan sebagainya.

“Tentu berbagai cara untuk mengenalkan literasi kepada siswa semacam itu perlu digalakkan terlebih saat ini sudah masuk ke zaman sebar teknologi,” katanya.

BACA JUGA:  Jokowi Meninjau Bantuan Pompanisasi Pertanian di Desa Bapeang

Dijelaskan literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Literasi adalah kemampuan memahami, mengakses dan melakukan sesuatu secara bijak melalui beragam kegiatan, diantaranya melihat, membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara.

“Literasi merupakan keterampilan dalam memanfaatkan bahasa dalam bentuk yang beragam untuk menulis, membaca, berbicara, mendengarkan, jadi untuk efektifnya semua butuh dampingan guru,” pungkas Irfan. (Ibra).