BPS Bartim: Hasil FKP Regrosek Acuan Pemerintah Membangun Desa

REDHA/BERITA SAMPIT - Kepala BPS Bartim Dzikronah.

TAMIANG LAYANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melakukan Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) penelitian data di desa Rabu 29 Maret 2023.

Kepala BPS Bartim, Dzikronah mengatakan bahwa ada 35 orang yang sudah di rekrut untuk mengevaluasi hasil regsosek pada bulan Mei selama 19 Hari.

“Untuk petugas regsosek BPS Bartim sudah ada 35 orang dari rekruitmen mitra yang siap melakukan pendataan ke Desa dengan tujuan untuk memperoleh kesepakatan pada hasil pemeringkatan keluarga pendataan awal dari tanggal 2 Mei hingga 21 Mei 2023,” ujarnya.

Sebelumnya data yang sudah didapat melalui beberapa pertanyaan ke warga desa seperti, kondisi sosio ekonomi demografis, kondisi perumahan, kondisi sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi kependudukan, informasi geospasial, lansia, penyandang disabilitas, ketenagakerjaan dan kesehatan.

Adapun pihak-pihak yang terlibat nantinya seperti RT, Lurah/Kepala Desa, pihak keamanan dan warga dalam keputusan program peningkatan kompetensi aparatur Desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran serta dengan tujuan mampu mengimplementasikan kaidah Statistik dengan benar.

“Nantinya akan ada yang ikut terlibat seperti, warga, RT, lurah hingga pihak keamanan yang saling berkerjasama menciptakan Desa yang lebih baik,” katanya.

Mengutip dari web BPS.go.id bahwa hasil akhir dari regrosek adalah suatu upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

(Redha)

Follow Berita Sampit di Google News