Muslim Intelektual Harus Mampu Menyeimbangkan Kemampuan Imtaq dan Iptek

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Ramadan Leadership Camp ICMI Orwil Kalteng, bertempat di Aula Bapeddalitbang Provinsi Kalteng, Sabtu 1 April 2023.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin berharap melalui kegiatan Ramadan Leadership Camp dapat membentuk kader ICMI yang berwawasan kebangsaan sekaligus memiliki leadership dan visi ke-Indonesiaan yang kuat, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman. Sehingga mampu menyeimbangkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan.

Hal tersebut disampaikan Sekda Nuryakin saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Ramadan Leadership Camp Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Kalteng, bertempat di Aula Bapeddalitbang Provinsi Kalteng, Sabtu 1 April 2023.

BACA JUGA:   GPPI Sebut Sebagian Perusahaan Perkebunan Telah Memberikan THR Lebih Awal

Kata Nuryakin, bahwa sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, Islam sangat menaruh perhatian dalam aspek kepemimpinan. “Karena bagaimana mungkin Islam mampu memberikan kedamaian, ketenangan dan ketentraman kepada seluruh alam tanpa adanya konsep kepemimpinan di dalamnya. Bahkan secara khusus Islam memposisikan setiap manusia adalah sebagai seorang pemimpin,” tuturnya.

Ia mengutip, sebagaimana sabda yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya”.
​​
Kemudian, ia menambahkan ICMI harus benar-benar menjadi suatu organisasi yang mampu memadukan antara kekuatan struktural dan kekuatan kultural/moralitas dalam pelaksanaan setiap tugas pokok, fungsi dan perannya.

BACA JUGA:   Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Herson B. Aden: Pedoman untuk Hidup Bermasyarakat

“Makanya sangat diharapkan peran dari seorang cendekiawan yang berintelektual yang dapat menyeimbangkan antara teknologi, keimanan dan ketaqwaan dan berperan dalam kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Rahul).