Alex Marquez Klaim Posisi Terdepan di MotoGP Argentina

Pebalap tim Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada balapan pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal, Minggu (26/3/2023). ANTARA/HO/MotoGP-Gresini Racing

JAKARTA – Alex Marquez (Gresini Racing) mengklaim posisi terdepan MotoGP perdananya di Grand Prix Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Sabtu 1 Maret 2023.

Dikutip dari statistik resmi MotoGP, Alex membukukan waktu terbaik 1 menit 43,881 detik berada di depan pebalap Mooney VR46 Marco Bezzecchi dan juara dunia Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Mereka masing-masing mencatatkan waktu 1 menit 44,053 detik dan 1 menit 44,739 detik.

Adik dari Marc Marquez itu mendapatkan pole dengan susah payah. Ia sempat mengalami kecelakaan (crash) dan motor yang ia kendarai sempat mengalami kebakaran pada sesi kualifikasi pertama di tengah trek yang cukup lembab saat itu.

BACA JUGA:   KONI Kotim Diingatkan Jangan Sampai Event Sebagai Kedok Meraup Keuntungan

Marquez awalnya memuncaki Q1 untuk pindah ke Q2, tapi dia harus mengganti motornya setelah mesinnya terbakar setelah crash. Ia kemudian harus meninggalkannya di sisi trek saat marshal memadamkan api yang berkobar di bagian bawah motor.

“Saya sangat senang, Q1 sangat sulit dengan ban basah dan saya membuat kesalahan di tikungan kedua dari belakang… Saya juga mengalami masalah dengan api,” kata Marquez dalam wawancara pit lane.

“Saya melakukan yang terbaik dengan ban basah. Kemudian saya masuk saya pikir tidak ada waktu untuk mengganti ban. Tapi kami mengganti ban… dan itu berhasil, sangat senang untuk upaya itu dan saya sangat menantikan sprint serta balapan utama nanti,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Atlet Kickboxing Kalteng Laksanakan TC di Palangka Raya

Sependapat, Bagnaia menilai balapan kualifikasi hari ini cukup rumit dengan kondisi trek basah dan adaptasi para pebalap di atas motor.

Di sisi lain, posisi keempat hingga enam pada sesi kualifikasi ditempati oleh Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Johann Zarco (Prima Pramac).

Lebih lanjut, posisi tujuh hingga sembilan diduduki oleh Luca Marini (Mooney VR46), Jorge Martin (Prima Pramac), dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

(ANTARA)