Cuaca Terasa Panas di Sampit, Begini Penjelasan BMKG

NARDI/BERITA SAMPIT - Cuaca di Kota Sampit terpantau panas, Selasa 25 April 2023.

SAMPIT – Cuaca di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan sekitarnya beberapa hari belakangan terpantau panas saat siang hari.

Kepala Stasiun BMKG H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Prakirawan Cuaca Lyla Affifah menyampaikan wilayah asia mengalami heatwave sehingga suhu rata-rata mengalami kenaikan.

“Terkait adanya Heatwave atau gelombang panas yang melanda Asia, namun Indonesia tidak terkena,” ujarnya, Selasa 25 April 2023.

Untuk wilayah Indonesia khususnya Kotim lebih dipengaruhi oleh posisi gerak semu matahari dan mulai bertiupnya angin monsun kering dari Benua Australia. Akibatnya, sinar matahari langsung mencapai daratan karena tutupan awan di Indonesia berkurang.

“Untuk di Sampit sendiri, pada bulan April tercatat suhu tertinggi sebesar 35,1 celcius pada tanggal 24 April 2023,” ungkapnya.

BMKG menyarankan masyarakat agar tidak perlu panik dan dapat menggunakan perangkat pelindung atau tabir surya apabila melakukan aktifitas di luar ruangan.

BACA JUGA:   Warga Ramai-ramai Mancing Ikan Lele yang Lepas dari Tambaknya Akibat Banjir di Sampit

Diketahui berdasarkan Pers Rilis BMKG menyampaikan semenjak pekan lalu hingga hari ini, hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau “heatwave”.

Badan Meteorologi di negara-negara Asia seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40°C yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Badan Meteorologi Cina (CMA) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di Cina mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamatan instrumen untuk bulan April ini. Di Jepang “panas yang luar biasa” juga teramati dalam beberapa hari terakhir. Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 C pada 17 April 2023. Sedangkan 10 kota terpanas di Asia lainnya terjadi sebagian besarnya berada di Myanmar dan India.

BACA JUGA:   Kronologis dan Identitas Laka Maut Truk Seruduk Pemotor dan Warung Terungkap

Di Indonesia, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2°C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat pada pekan lalu, meskipun secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34-C-36°C hingga saat ini.

Suhu panas bulan April di wilayah Asia secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, namun lonjakan panas di wilayah sub-kontinen Asia Selatan, kawasan Indochina dan Asia Timur pada tahun 2023 ini termasuk yang paling signifikan lonjakannya.

Para pakar iklim menyimpulkan bahwa tren pemanasan global dan perubahan iklim yang terus terjadi hingga saat ini berkontribusi menjadikan gelombang panas semakin berpeluang terjadi lebih sering. (Nardi).