DP3AP2KB Targetkan Pelayanan KB di Kotim Sebanyak 1.912 Orang

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Kepala DP3AP2KB Kotim Imam Subekti bersama Sekretasinya dan Bidan.

SAMPIT – Dinas Pemberdayaan – Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) manargetkan pelayanan KB 1.912 orang dilaksankan tahun ini.

Kepala DP3AP2KB Kotim Imam Subekti menyampaikan upaya program KB di Kotim terus dilakukan oleh pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak terutama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah.

“Penduduknya kita jumlahnya terbanyak di Kalimantan Tengah jadi ada target 1.912 pelayanan KB satu tahun ini,” ujar Imam Subakti usai melaksanakan Program KB Kesehatan di Kodim 1015 Sampit, Selasa 23 Mei 2023.


Menurut Imam Subekti untuk mencapai target itu perlu kerjasama dari semua pihak. Salah satunya saat ini adalah program KB yang di agendakan oleh Kodim 1015 Sampit. Untuk itu, pelayanan KB dilaksanakan setiap hari.

“Pelayanan KB itu tidak berhenti tiap hari jadi ada pelayanan di faskes di Puskesmas di bidang mandiri di mana saja masyarakat kita bisa melakukanya,” jelasnya.

Kata Imam, pihaknya menyiapkan penyuluh keluarga berencana (PKB) dan petugas lapangan Keluarga berencana (BLKB) yang meruaokan kepanjangan tangan di setiap Kecamatan yang ada di Kotim.

“Jadi mereka nanti yang distribusikan dan yang melaporkan mereka yang mengapit data untuk pelaporan tapi yang sejumlah hingga mencapai 1.912 pelayanan,” jelasnya.

Imam mejelaskanProgram KB untuk mengatur jarak kelahiran dan mengatur sisi kesehatan ibu dan anak sehingga menciptakan kualitas kehidupan sosial kemasyarakatan. Iamenyampaikan program KB juga dapat mencegah stunting, ini menjadi perhatian pemerintah untuk dapat menurunkan kasus stunting, karena Kalimantan Tengah masuk 10 besar angka stunting.

“Untuk menjaga jara kelahiran. Kita ingin generasi kita berkualitas, kita ingin generasi emas generasi 2045 nanti,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pemasangan KB Metode Kontrasepsi Jangka panjang (MKJP) secara gratis, metode kontrasepsi yang sekali pemakaiannya untuk tiga tahun hingga seumur hidup.

“Sekitar 162 yang mendaftar hari ini untuk memasang KB jangka panjang, diharapkan hari ini juga bisa selesai semua,” pungkasnya.

(Ibra)

Follow Berita Sampit di Google News