Sepak Sawut Murung Raya Raih Juara 1

IST/BERITA SAMPIT- Tim Sepak Sawut Murung Raya usai menerima piala dan medali emas.

PURUK CAHU- Sepak Sawut (Sepak Bola Api), tampaknya menjadi olahraga tradisional yang banyak menyedot perhatian penonton pada perhelatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023. Pertandingan sepak sawut ini berlangsung sengit dengan hasil kontingen Kabupaten Murung Raya meraih juara 1, kontingen Sukamara juara 2 dan kontingen Barito Selatan juara 3.

Diketahui, sepak sawut yakni, bola yang digunakan terbuat dari bongkahan buah kelapa tua yang telah kering dan serat-serat bola kelapa direndam/dipoles minyak tanah lalu dibakar sampai mengeluarkan api yang membara, kemudian dimainkan.

Koordinator Sepak Sawut Kabupaten Murung Raya Gutuk Gunawan mengatakan, keberhasilan tim sepak sawut Kabupaten Murung Raya mendapat juara 1 di FBIM 2023 ini merupakan hasil kekompakan antara pemain, pelatih, official dan panitia Kabupaten dalam mempersiapkan tim sejak perencanaan dan seleksi pemain, didukung oleh pelatih yang sudah berpengalaman di dalam melatih tim sepak sawut di tahun-tahun sebelumnya.


“Kabupaten Murung Raya menang di partai final melawan Kabupaten Sukamara melalui tendangan penalti dan skor akhir 2-0. Ini merupakan motivasi bagi seluruh kontingen Murung Raya untuk dapat meraih juara di perlombaan berikutnya,” Kata Gutuk, Kamis 25 Mei 2023.

Menurut Gutuk yang juga merupakan Camat Sumber Barito itu, bahwa keberhasilan tim sepak sawut ini bisa diwujudkan berkat dukungan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor dan Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon.

“Serta dukungan dari Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya dan seluruh tim pendukung lainnya,” tutur Gutuk Gunawan. (Lulus).

Follow Berita Sampit di Google News