DPRD Barito Utara Dukung Pasar Penyeimbang Elpiji Bersubsidi Sesuai HET

IST/BERITA SAMPIT: Foto bersama di ruang rapat paripurna anggota DPR RI Willy Midel Yoseph, anggota DPRD Barito Utara dan undangan lainnya, Selasa 8 Agustus 2023.

MUARA TEWEH – DPRD Barito Utara RDP bersama anggota DPR RI, Willy Midel Yoseph, PT. PLN mengenai pembangunan listrik desa dan PT Pertamina mengenai pendistribusian BBM, gas LPG 3 kilogram di wilayah Kabupaten Barito Utara, Selasa 8 Agustus 2023.

Anggota DPR RI komisi VII Willy Midel Yoseph sekaligus reses diterima Ketua Komisi III DPRD Barito Utara, H. Tajeri dan Wakil Ketua I Parmana Setiawan, Wakil Ketua II Sastra Jaya dan anggota komisi III lainnya.

Saat RDP menghasilkan kesimpulan bahwa PT. Pertamina mendukung adanya pasar penyeimbang LPG 3 kilogram warna melon dengan HET yang ditentukan (Rp. 21.000- Rp. 27.000) juga perlu kerjasama antara PT. Pertamina, Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan aparat penegak hukum berkoordinasi supaya distribusi gas 3 Kg warna melon lancar dan terjual kepada masyarakat sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sementara bagi agen maupun pangkalan yang tidak mematuhi maka pihak PT. Pertamina dan penegak hukum akan memberi sanksi yang jelas dan tegas.

Selain itu, bahwa tahun 2023 PT. PLN melakukan sambungan jaringan listrik di sembilan desa di Barito Utara, sisanya akan dilakukan di tahun 2024- 2025 juga  penambahan agen dan pangkalan LPG sesegera mungkin.

Untuk mendukung pasokan listrik di Desa Lemo dalam jangka pendek akan memperbaiki jaringan yang ada dan dalam jangka panjang akan dibangun jaringan baru dan diperlukan perijinan penggunaan jembatan.

Lebih lanjut, akan dilakukan pekerjaan jaringan listrik dan diharapkan dukungan Pemda Barito Utara dalam infrastruktur jalan dan jembatan juga di Kelurahan Montallat I, Tumpung Laung I dan II akan segera dilakukan pekerjaan jaringan listrik untuk melakukan grade ke ULP Tumpung Laung. Anggota DPR RI Komisi VII akan memfasilitasi program jaringan gas di Kementerian ESDM untuk Kabupaten Barito Utara.

RDP dipimpin Wakil Ketua II Sastra Jaya dihadiri pihak eksekutif asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Barito Utara, Camat Lahei, Camat Lahei Barat, Waka Polres Barut, Dandim 1013 Muara Teweh, Perwakilan PT. Pertamina, Sales Area Manager Retail Kalteng, Mewakili PT. PLN Manager UP2K Kalteng. (isk)