Bupati Lamandau Bersyukur Program Operasi Katarak Bermanfaat Bagi Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat memantau kegiatan program layanan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis di Gedung Baru RSUD Lamandau.

NANGA BULIK – Luapan kegembiraan langsung tergambar saat Bupati Lamandau Hendra Lesmana didampingi Ketua TP PKK Rusdianti Hendra Lesmana memantau langsung kegiatan program layanan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis di Gedung Baru RSUD Lamandau, Minggu, 3 September 2023

Masyarakat yang sudah memadati area gedung RSUD Lamandau sejak pagi itu terlihat berebut menyalami Bupati dan istri seraya menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mengadakan kegiatan tersebut.

“Kami betul-betul senang sekali pak, apalagi programnya gratis, kalau lewat non BPJS sudah pasti mahal juga biayanya,” ucap Munar warga dari Delang.

Munar (52) merupakan salah seorang warga dari Kecamatan Delang, yang mengaku mengetahui program pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis tersebut dari petugas Puskesmas di kecamatannya.

“Dapat info dari puskesmas, makanya saya daftar lewat puskesmas,” ucapnya lagi.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Kodim 1017/Lmd Renovasi Rumah Tidak Layak Huni di Karang Emas

Bupati beserta istri langsung berinteraksi langsung dengan masyarakat yang sudah antre pemeriksaan di dalam gedung, peserta dalam program tersebut terdiri dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Berbeda dengan Yusdi (50), warga, Kecamatan Kawa, mengaku senang bisa ikut program pemeriksaan mata, Yusdi sendiri mengaku punya keluhan di matanya sebelah kanan sehingga penglihatannya terganggu.

“Mata sebelah kanan sudah lama rabun, makanya saya ingin periksakan, mumpung ada pelayanan gratis dan tempatnya juga dekat di sini (Lamandau),” katanya.

Diketahui, bakti sosial terselenggarakan atas inisiasi Bupati Lamandau Hendra Lesmana yang jauh-jauh hari melakukan komunikasi dengan John Fawcett Foundation (JFF) Bali, lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kemanusiaan, salah satunya kesehatan yang fokus melakukan operasi katarak dan pemeriksaan mata gratis dengan alat pendukung dan petugas kesehatan yang mumpuni.

BACA JUGA:   Pemkab Lamandau Gelar Sosialisasi Pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Hingga hari kedua proses screening, tercatat 1.200 lebih masyarakat Lamandau telah melakukan pendaftaran. Mereka berbondong-bondong datang dari berbagai daerah, tidak hanya masyarakat di perkotaan tetapi juga dari pelosok desa di Kabupaten Lamandau.

“Alhamdulillah kita bisa kerjasama dengan JFF, hal ini tentu merupakan kesempatan yang berharga. Saya harap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.” kata Hendra disela dia memantau.

Ia juga menuturkan, melihat animo masyarakat yang luar biasa ini juga sangat bangga seraya bersyukur karena programnya betul-betul dimanfaatkan dengan baik.

Diketahui, pada kegiatan ini tidak hanya sebatas pelayanan operasi katarak gratis, namun juga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata dan pemeriksaan kacamata gratis yang dijadwalkan berakhir pada 5 September 2023, mendatang. (Andre).