Polisi Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Danau Rangas Palangka Raya

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat memadamkan api

PALANGKA RAYA – Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Kelurahan Bukit Tunggal, Bripka Riswanto membantu upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada sebidang lahan di kawasan Jalan Danau Rangas ujung, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa 5 September 2023.

“Peristiwa karhutla diketahui terjadi berdasarkan informasi dari Satelit NASA-Modis pada lahan seluas kurang lebih 7 Hektare di kawasan ini, yang akan dilakukan pemadaman bersama Dishut Provinsi, BPNPK Provinsi, Tim Borneo Palangka Raya, TSAK Bukit Tunggal dan Babinsa,” ucapnya.

BACA JUGA:   UPR Tandatangani PKS Dengan UKPR  dan Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu Palangka Raya

Upaya pemadaman pun dilakukan oleh petugas gabungan mulai pukul 11.15 WIB dengan menggunakan sarana dan prasarana seperti unit mesin pompa air portable, water jet, selang beserta nozzle hingga kendaraan bermotor pemadam.

Ia menambahkan, pemadaman selesai dilakukan sekitar pukul 15.39 WIB, yang akan dilanjutkan dengan pembatasan penjalaran api dan pendinginan lahan untuk memastikan titik api di bagian dalam tanah benar-benar padam.

BACA JUGA:   Ini Pesan Gubernur Kalteng dalam Pertemuan Akbar Lintas Sektor

“Serta lahan ini juga akan kita tandai untuk memantau bagaimana kondisinya untuk beberapa waktu ke depan guna memastikan penyebab terjadinya karhutla, sembari juga berkoodinasi bersama satgas terkait mengenai langkah selanjutnya,” pungkasnya. (Hardi)