Kehadiran Pabrik Pakan di Kalteng Diharapkan Menjadi Solusi Permasalahan Usaha Peternakan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat memberikan sambutan pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pakan ternak, di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km. 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu 9 September 2023.

KOTAWARINGIN TIMUR – Wagub Kalteng Edy Pratowo saat mengatakan, sebagai salah satu sumber pangan yang strategis, kebutuhan terhadap komoditas peternakan seperti daging sapi, telur dan daging ayam terus meningkat dan sering fluktuatif baik dari sisi ketersediaan maupun harga di pasaran, dapat berdampak terhadap inflasi.

“Selama ini pemenuhan daging sapi, telur dan daging ayam sebagian masih dari luar Kalimantan Tengah. Hal ini tidak terlepas dari jumlah populasi dan produksi beberapa produk peternakan masih rendah,” ucapnya saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pakan ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km. 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu 9 September 2023.

Pada saat ini, kebutuhan pakan ternak unggas di Kalimantan Tengah lebih kurang sebesar 338,25 ribu ton. Sebanyak 172,65 ribu ton untuk usaha unggas yang bergabung dalam koorporasi, yang sudah terbangun sistem hulu-hilirnya. Sedangkan untuk kebutuhan peternak mandiri atau peternak rakyat sebesar 165,60 ribu ton yang memerlukan jaminan ketersediaan dan harga yang terjangkau.

“Kehadiran pabrik pakan di Kalimantan Tengah diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha peternakan unggas mandiri, dan menarik minat investasi dalam pengembangan usaha peternakan lainnya,” lugasnya.

Pabrik ini, selain menyediakan pakan ternak yang berkualitas dan terjangkau, sekaligus menjawab keraguan dari pihak perusahaan pakan bahwa Kalteng mampu menyediakan bahan baku pakan yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga ke depannya dapat mendorong investasi usaha peternakan yang lebih luas.

Pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Haparan, Kecamatan Parenggean ini mempunyai kapasitas produksi 10 ton/jam atau 80 ton/hari, yang memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia, dan ikan.

Selanjutnya ia menyebut, bahwa pembangunan pabrik pakan ini merupakan salah satu program prioritas tahun 2023 sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai wujud pengabdian dalam membangun Kalimantan Tengah, guna mewujudkan “Kalteng Semakin BERKAH”. (Hardi)

Follow Berita Sampit di Google News