BPBD Pastikan Seruyan Masih Bebas Kabut Asap

AHMAD/BERITASAMPIT - Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Arman Tanjung.

KUALA PEMBUANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan memastikan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Kabupaten Seruyan masih bisa teratasi.

Meskipun terdapat kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah. Namun masih belum berdampak dan menyebabkan kabut asap.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyono melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Arman Tanjung, dia memastikan di kabupaten setempat tidak terdampak kabut asap akibat karhutla, meskipun di sejumlah wilayah terjadi kebakaran.

BACA JUGA:   ASN di Seruyan Diberikan Siraman Rohani

“Kalau di Kuala Pembuang itu sendiri selama saya disini, baik itu 2019 itu dampak asap belim terasa di ibu kota, soalnya disini itu kan di pinggir laut, jadi angin itu membawa asap,” ujarnya, Minggu 10 September 2023.

Sejauh ini kata Arman, kualitas udara di Kuala Pembuang masih aman meskipun berdekatan dengan kabupaten tetangga. “Disini kualitas udara masih bagus,” katanya.

BACA JUGA:   Pj Sekda Hadiri Rembuk Stunting Provinsi Kalteng

“Kalau daerah hulu yang berdampak itu paling daerah Rantau Pulut, Hanau. Itu kan angin kurang disana jadi memang kalau pagi ada peningkatan hotspot ada juga terdampak, tapi nggak lama,” pungkasnya.