BRIN Tanamkan Generasi Muda Bartim Cerdas Menggunakan Media Sosial 

REDHA/BERITASAMPIT - Amerilia saat memberikan materi tentang literasi digital.

TAMIANG LAYANG – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), berkerjasama dengan Komisi VII anggota DPR-RI Wily Midel Yoseph menggelar Sosialisasi Literasi Digital, Selasa 12 September 2023, dengan mengundang siswa SMP dan SMA, kegiatan ini dilaksanakan di gedung Mantawara, Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Peneliti Ahli Pertama Pusat Riset Teknologi dan Peoses Pangan BRIN, Amerilia, sebagai pemateri, dalam pemaparan menyampaikan bahwa proses mendapatkan informasi dari jaman ke jaman mengalami perubahan dan semakin cepat didapatkan melalui media sosial maupun melalui website.

“Dulu itu sebelum HP dan Laptop saat ini proses mendapatkan informasi itu melalui alat mesin ketik, telpon kabel, Disket, Kamera, yang mana sebagian dijadikan alat membagi informasi hingga bertransformasi memudahkan dalam mengakses informasi saat ini,” tuturnya.

Amerilia juga memaparkan pencegahan penyebaran HOAX. Menurutnya, dalam posisi negatif dari kecepatan menggunakan informasi saat ini perlu adanya pengetahuan menangani informasi yang tidak benar atau HOAX agar tidak mudah terpengaruh dengan memperlakukan media sosial yang dimiliki seperti cerminan diri sendiri diharapkan mampu membuat citra di akun media seperti menjaga nama baik pribadi.

“Aplikasi aplikasi yang menyediakan informasi saat ini ada banyak, Twitter, Facebook, Google, Instagram, YouTube dan lain-lain. Jadi gunakan media itu sebagai cerminan diri agar menampilkan hal-hal positif dibranda medsos yang dimiliki,” katanya.

“Perlu dibekali sejak dini informasi yang saat ini mudah sekali didapatkan dengan cara dibaca dulu, dikroscek HOAX atau tidak agar informasi yang dibagikan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya,” sambungnya.

Pilar literasi digital ini dipaparkan agar pengguna medsos terhindar dari hukum UU ITE dengan menyebarkan informasi yang baik dan benar.

“Saat ini informasi yang tidak benar bisa di jerat UU ITE maka dari itu gunakan media sosial yang dimiliki dengan bijak, beretika, keamanan, berbudaya dan bertanggung jawab,” tutupnya.

(Redha)

Follow Berita Sampit di Google News