Sejumlah Desa di Katingan Harapkan Sambungan Listrik

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Sengkon.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah Sengkon mengatakan, sejumlah desa yang ada di Kecamatan Marikit di Kabupaten Katingan saat ini mengharapkan adanya sambungan listrik PLN.

Dia menjelaskan, sampai sekarang sejumlah desa yang ada di sana belum sama sekali menikmati jaringan listrik PLN, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian sebab jaringan listrik sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas masyarakat di sana.

“Ketika reses perseorangan baru-baru ini ke Katingan dan mengunjungi Kecamatan Marikit masyarakat menyampaikan aspirasi terkait sambungan jaringan listrik sebab saat ini, itu sangat dibutuhkan masyarakat,” ucapnya, Sabtu 16 September 2023.

BACA JUGA:   Pemerintah Diminta Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Kata Dia, ada empat desa di Kecamatan Marikit yang belum sama sekali teraliri jaringan listrik PLN dan ke empat desa tersebut juga tergolong terisolir. Adapun empat desa tersebut yakni Tumbang Hiran, Sabaung, Malawan, dan Taei.

“Permasalahan yang dihadapi yaitu infrastruktur jalan dan jembatan, untuk menuju desa-desa itu harus menggunakan perahu kelotok karena masih belum ada jalan yang memadai di sana, dan jaringan listrik sulit masuk kendalanya yaitu infrastruktur ini,” lugasnya.

BACA JUGA:   Pemda Diminta Lengkapi Lampu Penerangan di Ruas Jalan yang Rawan

Ia menambahkan, masyarakat sangat mengharapkan adanya perhatian pemerintah terhadap hal itu, setidaknya adanya bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sembari menunggu jaringan listrik PLN bisa masuk ke desa-desa tersebut.

“Informasinya dulu pernah ada bantuan PLTS untuk sejumlah desa di sana, tapi itu sudah 10 tahun lamanya dan PLTS yang ada itu rusak. Sehingga, mereka pun mengharapkan adanya bantuan PLTS lagi. Tentu kita minta ini agar bisa menjadi perhatian pemda baik Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Katingan,” tandasnya. (Hardi).