Gubernur Kalteng Sampaikan Beberapa Arahan dan Langkah Strategis

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran

KAPUAS – Jajaran baik di Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Kapuas untuk membantu Bupati menyelesaikan tugasnya sesuai dengan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Hal ini disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran saat menyampaikan arahannya kepada Kepala OPD Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kapuas yang hadir di Rujab Bupati Kapuas, Sabtu 27 Januari 2024.

“Mari kita saling bahu-membahu. Kepada Kepala Bappeda agar dibuat perencanaan yang matang untuk membangun Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Berkenaan dengan rencana pembangunan Kalteng khususnya Kabupaten Kapuas pada tahun 2024, beberapa hal strategis yang perlu mendapatkan perhatian serius para stakeholders diantaranya mendukung program Food Estate jangka panjang di Kabupaten Kapuas sebagai kawasan ketahanan Pangan Nasional.

Bukan hanya tanaman pangan padi tapi juga bahan pendukung lain seperti jagung. Program tersebut diharapkan sekaligus mampu membuka lapangan pekerjaan untuk SDM Kalteng.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah siap bantu membangun mesin pengering jagung (bed dryer),” lugasnya.

Ia juga mengatakan, agar anggaran untuk Pemerintah Kabupaten Kapuas yang mencapai 2,5 triliun dapat digunakan secara produktif dan hilirisasi yang jelas.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng berencana untuk membangun universitas di Kota Palangka Raya dengan fasilitas berkualitas internasional bekerja sama dengan Universitas terkenal di Indonesia dan diharapkan juga kedepan mampu bekerjasama dengan Universitas di Luar Negeri.

Ia berharap ke depan dapat untuk mencetak sumber daya manusia Kalteng yang unggul. Ia juga menginginkan pada tahun 2025 mendatang semua masyarakat di desa harus punya listrik. (Hardi)

Follow Berita Sampit di Google News