Ini Lima Prioritas Pembangunan di Kotim yang Tertuang dalam RKPD 2025

NARDI/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim Halikinnor.

SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyebutkan ada lima prioritas pembangunan tahun 2025, yaitu pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, penguatan ekonomi masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik dan Kotim yang nyaman, lestari, berbudaya dan agamis.

“Sedangkan arah kebijakan pembangunan tahun 2025 yang telah sususun berpedoman pada RPJMD tahun 2021-2026 yaitu mulai dari Infrastruktur, mencakup konektivitas jalan antar desa, kecamatan, peningkatan kualitas jalan dan jembatan,” kata Halikinnor, Kamis 23 Mei 2024.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kotim Dipanggil Kejati Kalteng

Kemudian Kotim terang, pembangunan, peningkatan pelayanan dasar, rumah tidak layak huni, sanitasi dan air bersih dan peningkatan akses transportasi dan jaringan telekomunikasi.

Penguatan ekonomi masyarakat, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dasar, peningkatan akses dan kualitas layanan pendidikan, peningkatan pelatihan tenaga kerja berorientasi pada pasar kerja.

Penguatan ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas kelembagaan, pelaku usaha, dan sarana-prasarana usaha.

Penguatan ketahanan pangan, pembangunan kepariwisataan, yaitu objek wisata baru taman satwa Pulau Hanibung, tata kelola pemerintahan, penguatan kinerja, kualitas, dan sistem pelayanan publik pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Ini Pesan Kepala SMP Negeri 2 Sampit Dalam Perpisahan Kelas 9

Kotim yang nyaman, lestari, berbudaya dan agamis meningkatkan pelestarian dan pengembangan nilai-nilai luhur budaya, adat dan tradisi, kehidupan seni, bahasa dan sastra serta kehidupan beragama.

“Hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemkab Kotim melibatkan partisipasi masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat desa dan kelurahan serta kecamatan,” ungkapnya.

(Nardi)