Ini Tanggapan Dewan Terkait Rencana Penerapan Full Day School di Katingan

BITRO/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono.

KASONGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan merespon positif mengenai rencana sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Katingan yang menerapkan full day school.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono menyambut baik rencana sejumlah sekolah yang akan menerepkan full day school itu. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak didik atau siswa yang dimulai sejak di Sekolah Dasar (SD).

“Karena, seiring bertambahnya waktu belajar, tentu saja akan lebih bertambah pula ilmu yang didapat oleh siswa itu sendiri,”ungkapnya, Senin 10 Juni 2024.

BACA JUGA:   Dewan Minta Perhatikan Peralihan Musim untuk Antisipasi Sejumlah Penyakit

Selain itu kata Rudi jika full day school itu tidak termasuk dalam salah hal yang wajib diterapkan di sekolah-sekolah setingkat SD, namun dirinya berharap agar kepala sekolah dapat mempertimbangkan terlebih dahulu terkait rencana tersebut.

“Khusus untuk siswa setingkat SD yang masih berusia tujuh tahun hingga 11 tahun itu, kalau dinilai dari sisi psikologi, mereka kurang mampu untuk menimba ilmu di sekolah lebih dari lima jam perhari,”katanya.

Bahkan tak sedikit siswa yang sepulang dari sekolahnya harus kursus belajar mengaji di rumanya atau di yayasan, sehingga dengan full day school dikhawatirkan tidak bisa lagi, lantaran waktunya tersita.

BACA JUGA:   Fraksi PKB DPRD Kalteng Berikan Sedikit Catatan

“Oleh karena itu, saya berharap sekolah sekolah yang akan menerapkan full day school, khususnya di tingkat SD ini agar dipertimbangkan sebelum diterapkan,”ujarnya.

Selain itu, jika memang ingin menerapkan full day school, tentunya yang harus diperhatikan adalah sarana prasarana dan fasilitas sekolah dapat mendukung dan penunjangnya sudah dipenuhi.

“Seperti tempat istirahat bagi siswa, anggaran untuk makan siswa ketika waktu istirahat, tempat ibadah bagi yang beragama Islam di saat ingin menunaikan ibadah salat saat Zuhur dan Ashar,” pungkasnya.

(Bitro)